HOME, Bugar

Lakukan Tiga Gerakan Ini untuk Mengatasi Sakit Punggung

Lakukan Tiga Gerakan Ini untuk Mengatasi Sakit Punggung

MOMSMONEY.ID - Anda yang sering duduk terlalu lama atau sering menggendong tas punggung yang berat kemungkinan besar pasti pernah mengalami sakit punggung.  

Sakit punggung biasanya disebabkanoleh faktor mekanik, yaitu rasa sakit yang berasal dari sendi, tulang, atau jaringan lunak di dalam dan di sekitar tulang belakang. 

Sakit punggung mungkin juga bisa semakin parah jika Anda membawa barang berat tanpa bantuan alat dan dengan teknik yang salah. 

Walaupun bukan gangguan kesehatan yang serius, tapi nyeri punggung membuat Anda jadi enggak nyaman melakukan berbagai aktivitas. 

Nah, daripada mengonsumsi obat-obatan pereda rasa nyeri, coba deh lakukan gerakan-gerakan berikut yang ampuh hilangkan nyeri punggung.  

Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Perlu Anda Ketahui

 Dilansir dari Health Focus, inilah beberapa gerakan yang bisa mengatasi sakit punggung, antara lain:  

1. Half lunge

Gerakan yang bisa mengatasi sakit punggung pertama adalah gerakan half lunge. Stretching atau peregangan terbukti memiliki manfaat yang sama besarnya dengan yoga dalam mengurangi nyeri punggung. 

Salah satu gerakan peregangan yang dianjurkan adalah half lunges. Cara melakukan half lunges cukup mudah, berdirilah dengan kaki kiri jauh ke depan, lalu tekuk lutut kaki kiri hingga membentuk 90 derajat. 

Luruskan kaki kanan yang ada di belakang dengan cara sedikit menjinjit. Kemudian putar pinggul ke arah kanan secara perlahan sampai otot perut terasa meregang. 

Tahan selama 20-30 detik, lalu ganti dengan memutar pinggul ke sisi tubuh sebaliknya. 

2. Cobra stretch

Gerakan yang bisa mengatasi sakit punggung kedua adalah cobra stretch. Gerakan untuk meredakan sakit punggung ini dapat membantu untuk mereggangkan otot perut dan punggung bagian bawah yang kencang. 

Berbaringlah dengan posisi seperti tengkurap dan letakkan tangan Anda tepat di samping tubuh sehingga ujung jari sejajar dengan payudara Anda. 

Tekan bagian atas kaki dan tangan ke lantai dan angkat tubuh bagian atas menghadap ke atas. Tahan agar siku tetap lurus. Kemudian tahan gerakan ini selama 10 detik. 

3. Body squat

Gerakan yang bisa mengatasi sakit punggung ketiga adalah body squat. Kalau yang ini sebenarnya adalah gerakan yang sering digunakan dalam kelas latihan beban. 

Namun, karena salah satu penyebab nyeri punggung adalah karena sering duduk atau berdiri dengan postur tubuh salah. Maka body squat dianggap mampu mengembalikan postur tubuh yang benar dan meningkatkan kekuatan tubuh. 

Baca Juga: 3 Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Cara melakukan body squat adalah pertama-tama berdirilah dengan kaki selebar bahu. Kemudian tekuk kedua lutut serendah mungkin dengan posisi bokong seperti ingin duduk, sambil kedua tangan diluruskan ke depan. 

Tahan selama beberapa hitungan, kemudian kembali ke posisi berdiri. Ulangi sebanyak 10-15 kali. Lakukan keempat gerakan tersebut secara rutin hingga rasa nyeri di punggung hilang.  

Untuk mencegah nyeri punggung datang lagi, sebaiknya hindari membawa barang yang berat di atas punggung. Berolahragalah juga secara teratur untuk meningkatkan fleksibilitas otot punggung. 

Itulah beberapa gerakan yang bisa mengatasi sakit punggung yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News