HOME, Bugar

Lakukan Secara Rutin! 5 Kebiasaan Ini Baik Dilakukan Sebelum Tidur

Lakukan Secara Rutin! 5 Kebiasaan Ini Baik Dilakukan Sebelum Tidur

MOMSMONEY.ID - Tidur adalah cara paling tepat untuk melampiaskan rasa lelah setelah seharian melakukan aktivitas dan juga waktu untuk mengistirahatkan tubuh.

Namun, tak jarang sebagian dari kita justru mengalami kesulitan tidur dari waktu ke waktu dan hal ini bisa menjadi masalah yang semakin menghantui.

Kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan sebelum tidur bisa memengaruhi kualitas tidur dan berdampak bagi kebugaran tubuh keesokan paginya. 

Baca Juga: 3 Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Dilansir dari Sleep Education, berikut ini beberapa kebiasaan baik sebelum tidur yang baik untuk kesehatan, antara lain: 

1. Berkumur dengan cairan pembersih mulut

Kebiasaan baik sebelum tidur yang baik untuk kesehatan yang pertama adalah rajin berkumur dengan cairan pembersih mulut. 

Menurut para ahli, menggunakan obat kumur antiseptik atau yang mengandung fluoride (fluorida) dapat membantu memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut.

Anda dapat berkumur dengan cairan pembersih mulut setelah menyikat gigi di malam hari. Berkumur dengan larutan antiseptik juga bisa meredakan gejala gigi sensitif.

Pasalnya, larutan tersebut mampu mengurangi bakteri dan plak di mulut sehingga membantu proses remineralisasi email gigi.

2. Minum air putih

Kebiasaan baik sebelum tidur yang baik untuk kesehatan yang kedua adalah minum air putih yang cukup.

Kita semua tahu bahwa air putih punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjaga kelembapan kulit saat kita tertidur.

Minumlah minimal satu gelas air bersuhu normal (bukan air dingin) beberapa jam sebelum tidur, agar tubuh tetap terhidrasi.

3. Meditasi

Kebiasaan baik sebelum tidur yang baik untuk kesehatan yang ketiga adalah melakukan meditasi. Tenangkan pikiran Anda dengan melakukan meditasi sebelum tidur.

Latihan ini memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk mewujudkan tidur yang lebih nyenyak. 

Cobalah melafalkan beberapa mantra atau doa sebelum tidur di malam hari dan Anda akan menuai manfaatnya keesokan harinya.

4. Mengonsumsi probiotik

Kebiasaan baik sebelum tidur yang baik untuk kesehatan yang keempat adalah mengonsumsi probiotik. Keseimbangan bakteri dalam usus sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan saluran pencernaan.

Oleh karena itu, konsumsilah probiotik yang berupa minuman atau suplemen. Konsumsi probiotik sebelum tidur berguna untuk mencegah obesitas dan kanker usus.

Menurut para ahli, probiotik bekerja optimal saat perut sedang tidak dalam keadaan kenyang atau tidak dipenuhi makanan.

Alhasil, kinerja probiotik untuk memelihara bakteri baik di dalam usus tidak mengganggu enzim pencernaan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit saat Berpuasa 

5. Minum air lemon hangat

Kebiasaan baik sebelum tidur yang baik untuk kesehatan yang kelima adalah minum air lemon hangat. Tingkat pH di dalam tubuh Anda perlu diseimbangkan.

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Maka itu, minumlah secangkir air lemon hangat untuk membantu menciptakan alkalinitas dalam tubuh.

Meski sebelum dicerna air lemon itu bersifat asam, tetapi sesudah masuk ke dalam proses metabolisme, air lemon akan memiliki efek alkali.

Jika pH di dalam tubuh seimbang, Anda pun menjadi tak mudah terserang berbagai macam jenis penyakit.

Itu dia beberapa kebiasaan baik sebelum tidur yang baik untuk kesehatan. Kebiasan tersebut akan membuat tidur Anda lebih berkualitas dan terbangun dalam kondisi yang bugar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News