HOME, Bugar

Lakukan Rutinitas Ini untuk Menjaga Otot Jantung Lebih Sehat

Lakukan Rutinitas Ini untuk Menjaga Otot Jantung Lebih Sehat

MOMSMONEY.ID - Jantung adalah organ yang memiliki peran yang sangat penting untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh guna menjaga kelangsungan hidup, dilansir dari Harvard Health Publishing.

Berdasarkan laporan Kemenkes RI, sampai sejauh ini penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah penyakit stroke.

Banyak yang menganggap bahwa penyakit ini menyerang orang tua, tapi juga usia muda jika menerapkan gaya hidup yang tidak sehat.

Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan otot jantung, paling penting adalah pola makan dan pola hidup yang sehat.

Baca Juga: Ketahui Sederet Manfaat Labu Air yang Baik untuk Tubuh

Agar jantung Anda tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik, ikuti beberapa kebiasaan ini untuk menjaga otot jantung yang dirangkum dari American Heart Association dan Heart Foundation berikut ini:

1. Mengelola stres dengan baik

Stres tidak hanya berkaitan dengan kesehatan mental semata. Masalah kesehatan mental ini ternyata juga masuk dalam faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung secara non-fisik.

Sayangnya, tidak mudah memang mengartikan bahwa seseorang sedang mengalami stres. Meski begitu, Anda harus mulai mencoba memanajamen pikiran agar tidak sampai mengalami stres berlebihan.

2. Hindari duduk terlalu lama

Seharian duduk menghadap komputer tidak hanya membuat badan Anda pegal, tapi juga menurunkan kesehatan jantung Anda. Pasalnya, duduk terlalu lama bisa menyebabkan penggumpalan darah yang bisa memperburuk sirkulasi darah pada tubuh.

Cara lain untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda coba adalah memilih naik tangga ketimbang elevator dan berjalan kaki menyusuri halaman rumah atau koridor kantor. Dengan begitu, Anda tetap aktif bergerak meskipun harus bekerja.

Baca Juga: Inilah 5 Bahaya Mengonsumsi Kulit Ayam Secara Berlebihan

3. Olahraga rutin

Olahraga menyehatkan tubuh secara menyeluruh, mulai dari ujung rambut hingga kaki Anda, termasuk jantung. Manfaat olahraga untuk jantung sangat banyak.

Aktivitas fisik ini membantu mengendalikan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Ada banyak jenis olahraga yang menyehatkan jantung, seperti lari, bersepeda, berenang, jogging, atau senam jantung. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Pola makan sehat

Apa yang Anda konsumsi memang akan mencerminkan bagaimana diri Anda nantinya, terlebih perihal kesehatan tubuh.

Jadi, hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjaga kesehatan otot jantung dengan makanan yang memang baik untuk organ penting tersebut. 

Jadi, sebaik mungkin Anda bisa menerapkan pola hidup dan pola makan sehat untuk menjaga kesehatan otot jantung serta lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter untuk mengetahui kesehatan jantung. 

Jangan menunda kebiasan baik. Mulai sekarang lakukan kebiasan ini untuk menjaga kesehatan otot jantung agar, organ ini bis tetap sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News