Santai

Lakukan Rutin 5 Cara Atasi Overthinking Ini, Coba Praktikkan Yuk

Lakukan Rutin 5 Cara Atasi Overthinking Ini, Coba Praktikkan Yuk

MOMSMONEY.ID - Walau harus dilakukan secara rutin, ternyata ada beberapa cara untuk mengatasi overthinking.

Menjadi salah satu penyebab menumpuknya stres, overthinking adalah aktivitas yang menyebabkan seseorang selalu memikirkan segala hal yang tidak seperlunya.

Biasanya overthinking terjadi karena terlalu cemas dan kemudian membuat orang tersebut terus kepikiran.

Baca Juga: Dijamin Nambah Ilmu, Coba Dengar 6 Rekomendasi Podcast Terbaik Ini

Namun, ada cara untuk mengatasi overthinking yang tentunya harus dilakukan secara rutin, ya, Moms:

Menyadari

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi overthinking adalah dengan menyadari bahwa Anda terlalu banyak berpikir yang tidak penting.

Laman Psychology Today menjelaskan, penting untuk menyadari bahwa pikiran sedang terlalu banyak berpikir, terlalu ramai, hingga munculnya perasaan terlalu cemas akan suatu hal.

Sehingga akhirnya, pikiran bisa mempengaruhi tubuh dan juga perasaan maupun emosi secara langsung.

Grounding

Grounding adalah konsep pengalihan pikiran yang bisa digunakan untuk mengatasi overthinking bahkan PTSD dan serangan panik. Grounding akan mengalihkan perhatian pada tubuh bukan pada pikiran.

Caranya adalah dengan mengaktifkan lima panca indera tubuh. Dengan cara menyebutkan lima hal yang dilihat, empat hal yang didengar, tiga hal yang disentuh, 3 hal yang dicium, dan satu hal yang dikecap. Mudah, kan.

Baca Juga: 7 Tanda High Value Woman, Apa Anda Termasuk? Simak Daftarnya Di Sini

Olahraga

Mengalihkan pikiran dengan berolahraga juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi overthinking. Olahraga terkenal sebagai aktivitas yang membantu mengatasi stres dengan melepaskan semua hormon stres saat berolahraga.

Cobalah untuk aktif menggunakan tubuh dengan berolahraga di pagi atau siang hari. Tujuannya adalah agar saat malam tiba, alih-alih overthinking, tubuh dan pikiran yang sudah lelah bisa langsung beristirahat dengan mudah.

Melatih bernapas

Melansir dari situs Health Line, untuk mengatasi overthinking yang bisa muncul sewaktu-waktu, cara termudah nya adalah dengan bersikap tenang dan mengambil napas panjang.

Carilah tempat tenang, lepaskan semua ketegangan pada tubuh, tutup mata secara perlahan, dan mulailah untuk menarik napas panjang serta menghembuskan nya perlahan.

Cara ini bisa dilakukan kapan pun, terutama ketika pikiran tidak penting mulai mendominasi pikiran yang memicu overthinking.

Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang terbukti bisa membantu mengatasi dan mengontrol overthinking. Dengan memiliki waktu rutin selama 5-10 menit, lakukan meditasi ringan untuk membersihkan pikiran dan melepaskan energi negatif dalam tubuh.

Sebagai tips, gunakan ruangan yang tenang dan nyaman saat melakukan meditasi. Penggunaan dupa, pewangi ruangan, lilin aroma terapi maupun diffuser dapat dijadikan alternatif untuk menambah kenyamanan saat melakukan meditasi

Perlu diingat bahwa semua tips untuk mengatasi overthinking tersebut perlu dilatih dan dilakukan secara rutin, ya. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News