HOME, Keluarga

Lakukan Hal Ini Untuk Membantu Orang Terdekat yang Sedang Isoman

Lakukan Hal Ini Untuk Membantu Orang Terdekat yang Sedang Isoman

MOMSMONEY.ID - Saat ini, pasti moms sudah tidak asing dengan istilah isolasi mandiri (isoman) ketika seseorang dinyatakan positif terpapar virus covid-19.

Isolasi mandiri kadang memang bisa membawa rasa jenuh dan penat untuk mereka yang menjalaninya. Bayangkan saja, pergerakan sehari-hari benar-benar dibatasi di rumah saja dan tidak boleh melakukan kontak fisik dengan siapa pun.

Nah, jika orang terdekat seperti sahabat atau keluarga ternyata positif covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri, kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk membantu mereka? 

Baca Juga: Jangan Lakukan Hal ini Saat Isolasi Mandiri Covid-19

MomsMoney sudah merangkum beberapa tips dari Mental Health First Aid USA dan verywellmind.com yang bisa moms coba. Simak di bawah, yuk!

Apa yang sebaiknya dilakukan?

Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mendukung orang terdekat yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, misalnya:

  • Perlakukan dengan baik. Dengarkan mereka tanpa harus menghakimi dan hormati privasi mereka.
  • Tawarkan dukungan moral. Ungkapkan empati dan kepedulian terhadap mereka, namun dalam batas yang wajar.
  • Beri semangat. Doakan semoga cepat sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasa lagi.
  • Berpikir realistis. Wajar jika mereka merasa tidak berdaya dan down ketika sedang sakit, apalagi ketika dinyatakan positif Covid-19.
  • Berikan bantuan. Bila memungkinkan, kirimkan obat, makanan, atau hal lain yang bisa membantu meningkatkan semangat ketika sedang melakukan isolasi mandiri.
  • Ajak untuk terlibat dalam kegiatan bersama secara virtual, misalnya video call bersama-sama, bermain game online, bahkan fangirling bersama.

Intinya, jaga komunikasi dan tawarkan bantuan untuk mereka yang sedang menjalani isoman. Siapa tahu, bantuan yang moms berikan bisa sedikit-banyak meringankan beban mereka lo.

Baca Juga: Asupan Nutrisi Alami untuk Tubuh Saat Isoman

Apa yang sebaiknya tidak dilakukan?

Sekarang kita bahas apa saja yang sebaiknya dihindari saat ingin membantu mereka yang sedang isolasi mandiri.

  • Menyuruh mereka untuk selalu berpikir positif. Dengan menyuruh seperti itu, moms sama saja mengabaikan perasaan mereka yang sedang sedih karena sakit. Perasaan seperti itu kadang butuh divalidasi lo.
  • Bersikap overprotektif dan terlalu mengasihani. Sikap seperti ini bisa membuat mereka merasa tidak nyaman.
  • Tidak menghormati privasi. Beri mereka ruang dan waktu untuk sendiri, jangan terus-terusan menghubungi mereka.

Jika sahabat atau keluarga dekat sedang menjalani isoman, pastikan untuk tidak menyinggung perasaannya ya, moms. Soalnya, suasana hati yang buruk bisa menghambat kesembuhan mereka, lo.

Itu tadi tips yang bisa moms terapkan untuk membantu orang terdekat yang sedang melakukan isolasi mandiri. Tetap jaga kesehatan, ya!

Selanjutnya: Intip Aktivitas yang Tetap Seru Dilakukan Meski Tanpa Gadget

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News