HOME, AturUang

Lakukan Hal Ini Sebelum Menggunakan Paylater

Lakukan Hal Ini Sebelum Menggunakan Paylater

MOMSMONEY.ID - Di masa yang apapun serba ada, banyak kemudahan akses untuk segala macam bidang. Khususnya aplikasi belanja online, banyak sekali aplikasi belanja online yang menawarkan kemudahan dengan sistem paylater. 

Apa itu paylater?

Paylater juga bisa diartikan dengan kredit. Anda bisa membeli barang yang kamu inginkan dengan membayar di kemudian hari sesuai jatuh tempo yang sudah disepakati antar peminjam dan pemberi modal.

Disamping kemudahan akses paylater, Anda harus melihat terlebih dahulu ketentuan yang disebutkan, akan memberatkan atau siap membayar kreditmu beserta bunga. Anda harus disiplin membayar pada waktu jatuh tempo yang sudah ditentukan.

Tak ayal, banyak sekali yang akhirnya terjebak dan justru malah memberatkan diri sendiri. Akibatnya, kredit semakin banyak dengan bunga yang berlipat-lipat. Akhir-akhir ini, misalnya, ada unggahan berita yang sedang viral di sosial media. Seorang perempuan yang meminjam paylater sejumlah 400.000, saat ini sudah beranak pinak menjadi 17 juta.

Baca Juga: Ingin Menikmati Utang? Begini Caranya

Pinjaman online

Baca Juga: Untung Rugi Utang Aplikasi

Anda harus benar-benar teliti dalam memutuskan untuk meminjam pinjaman online/ paylater. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lakukan hal ini sebelum menggunakan paylater

- Pahami kontrak perjanjian dari paylater

- Ambil pinjaman sesuai batas kemampuanmu membayar 

- Melunasi pinjaman dengan membayarnya tepat waktu untuk menghindari denda 

- Perhatikan suku bunga dan biaya tambahan pada fitur paylater 

- Ketahui denda untuk keterlambatan pengembalian dana pinjaman  

Info lebih lanjut terkait paylater, anda juga bisa menghubungi kontak OJK 157 di nomor telepon 157 atau melalui chat whatsapp di 081157157157.

Selanjutnya: Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi, Ini Caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News