HOME, Bugar

Lakukan dengan Rutin! Inilah Sederet Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Lakukan dengan Rutin! Inilah Sederet Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

MOMSMONEY.ID - Ginjal adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk, tepatnya di kedua sisi tulang belakang. 

Organ ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk tubuh. Kedua ginjal berfungsi untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. 

Karena fungsinya yang sangat penting, menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuh akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik. 

Baca Juga: Segera Hindari! Inilah 5 Kebiasaan yang Berpotensi Merusak Ginjal

Dirangkum dari Healthline dan Medical News Today, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, antara lain:  

1. Menjaga berat badan

Cara menjaga kesehatan ginjal yang pertama adalah menjaga berat badan. Cobalah untuk menjaga berat badan tetap sehat dengan tetap aktif dan tidak makan berlebihan.  

Menjadi terlalu berat atau kelebihan berat badan akan meningkatkan tekanan darah, yang berdampak buruk bagi ginjal. 

Indeks massa tubuh (BMI) adalah cara yang berguna untuk memeriksa apakah kamu memiliki berat badan yang sehat.  

2. Berhenti merokok atau minum alkohol berlebihan 

Cara menjaga kesehatan ginjal yang kedua adalah berhenti merokok dan minum alkohol berlebihan. Disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 unit alkohol seminggu secara teratur. 

Minum terlalu banyak alkohol dan merokok sama-sama meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab paling umum dari penyakit ginjal. 

3. Menjaga pola makan

Cara menjaga kesehatan ginjal yang ketiga adalah menjaga pola makan. Hal ini terbukti memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk kesehatan ginjal. 

Hal ini dikarenakan penyebab penyakit ginjal berawal dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Namun, kedua masalah kesehatan tersebut bisa dihindari asalkan Anda menjaga pola makan. 

Baca Juga: Catat! Inilah Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

4. Cukupi kebutuhan air

Cara menjaga kesehatan ginjal yang keempat adalah cukupi kebutuhan air. Minum banyak cairan akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. 

Jika urine berwarna seperti jerami, atau bahkan lebih gelap, itu mungkin tanda dehidrasi. Anda juga perlu minum lebih banyak air dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat. 

5. Rutin berolahraga

Sudah bukan rahasia umum lagi jika rutin berolahraga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal. 

Pasalnya, olahraga teratur dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol. 

Ketiganya komponen tersebut adalah hal yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal. Anda tidak perlu ikut lomba maraton untuk merawat ginjal agar tetap sehat. 

Ada banyak jenis aktivitas fisik lainnya yang mudah dilakukan, seperti jalan santai, bersepeda, hingga menari. 

Cobalah untuk menemukan olahraga yang membuat Anda senang sekaligus menyehatkan bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News