Bugar

Lakukan dengan Rutin! Ini Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari untuk Kesehatan

Lakukan dengan Rutin! Ini Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Manfaat jalan kaki pagi hari memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali manfaat yang akan Anda rasakan jika dilakukan dengan rutin. 

Meski sangat sederhana, jalan kaki pagi hari memiliki manfaat luar biasa. Jalan kaki sering kali dianggap sepele dibanding jenis aktivitas lain yang lebih berat.

Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki bisa memberi banyak manfaat jika dilakukan secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari.  

Dilansir dari Stylecraze dan National Health Service UK, berikut ini manfaat jalan kaki pagi hari untuk kesehatan yang sebaiknya tidak Anda lewatkan, antara lain:  

Baca Juga: Ingin Mulai Berolahraga? Ini 3 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Pemula

Menambah energi

Manfaat jalan kaki pagi hari untuk kesehatan yang pertama adalah menambah energi yang bisa Anda gunakan untuk melewati hari tersebut. 

Orang dewasa yang melakukan aktivitas jalan pagi selama 20 menit di luar rumah, mendapatkan energi lebih, dibandingkan orang yang hanya berjalan selama 20 menit di dalam ruangan.  

Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Manfaat jalan kaki pagi hari untuk kesehatan yang kedua adalah menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.  

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, jalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. 

Memperbaiki mood

Manfaat jalan kaki pagi hari untuk kesehatan yang ketiga adalah memperbaiki mood. Manfaat jalan pagi juga berkontribusi terhadap kondisi psikologis Anda. 

Jalan pagi dapat meningkatkan harga diri atau self-esteem, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi stres dan rasa cemas.  

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! 5 Olahraga Ini Aman Dilakukan pada Trimester Pertama Kehamilan

Menyehatkan organ jantung

Manfaat jalan kaki pagi hari untuk kesehatan yang keempat adalah menyehatkan organ jantung. Berjalan kaki merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung. 

Berjalan 30 menit di pagi hari bisa membantu menurunkan tekanan darah. Jika jalan kaki dilakukan secara teratur, maka akan memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah.   

Menurunkan berat badan

Manfaat jalan kaki pagi hari untuk kesehatan yang kelima adalah menurunkan berat badan. Melakukan jalan pagi selama 30 menit, membantu menurunkan berat badan. 

Sebab, jalan pagi dengan durasi tersebut, dapat membakar hingga 150 kalori. Namun harus dikombinasikan dengan diet sehat, demi mencapai berat badan yang diinginkan.  

Itulah beberapa manfaat jalan kaki pagi hari untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News