HOME, Bugar

Lakukan dengan Rutin! Ini 5 Kebiasaan untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Lakukan dengan Rutin! Ini 5 Kebiasaan untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal

MOMSMONEY.ID - Batu ginjal yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan rasa nyeri dan komplikasi pada organ tubuh lainnya

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengenali apa saja cara mencegah batu ginjal demi terhindar dari risiko penyakit ini. 

Pada dasarnya, cara mencegah kembali terbentuknya batu ginjal tidaklah sulit tapi jika konsisten juga akan mendapatkan hasil.

Namun, upaya ini membutuhkan tekad yang kuat dan konsisten karena diperlukan waktu yang lama dan tidak berhenti di tengah-tengah.  

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Fungsi Ginjal di Usia Muda

Dilansir dari Web MD, inilah beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk mencegah batu ginjal sejak dini, antara lain:  

1. Konsumsi makanan berserat

Cara mencegah penyakit batu ginjal sejak dini yang pertama adalah rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi.  

Serat makanan mengandung asam fitat yang mampu mengurangi kristalisasi garam kalsium, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal. 

2. Konsumsi makanan berkalsium

Cara mencegah penyakit batu ginjal sejak dini yang kedua adalah mengonsumsi makanan berkalsium tinggi.  

Makanan berkalsium dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Apabila diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kalsium. 

3. Cuka apel

Cara mencegah penyakit batu ginjal sejak dini yang ketiga adalah cuka apel. Tidak hanya berasal dari lemon, asam sitrat juga dapat kamu dapatkan melalui cuka apel. 

Cuka apel diyakini mampu meningkatkan asam pada lambung, sehingga mencegah pembentukan batu baru. Namun, jumlah cuka apel juga tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi.  

Baca Juga: Gejala Kencing Batu yang Perlu Diwaspadai

4. Perbanyak minum air putih

Cara mencegah batu ginjal sejak dini yang keempat adalah perbanyak minum air putih. Jumlah yang disarankan adalah 2,8 liter per hari. 

Untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh, Anda bisa memastikan bahwa urine yang Anda keluarkan berwarna jernih dan tidak kuning. 

5. Mengurangi asupan garam dan protein

Cara mencegah batu ginjal yang terakhir adalah mengurangi asupan garam dan protein. Protein juga penyebab meningkatnya oksalat, kalsium, dan asam urat dalam urine. 

Garam dan makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging akan meningkatkan kandungan kalsium dalam urine. 

Itulah beberapa cara mencegah penykait batu ginjal sejak dini yang bisa Anda lakukan secara rutin mulai dari sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News