Bugar

Lakukan Dengan Rutin, Ini 5 Cara Menjaga Organ Pernapasan

Lakukan Dengan Rutin, Ini 5 Cara Menjaga Organ Pernapasan

MOMSMONEY.ID - Paru-paru memiliki peran yang sangat penting bagi proses pernapasan manusia. Sistem pernapasan berfungsi memberi oksigen ke setiap sel di tubuh. 

Namun faktanya, secara alami paru-paru mulai kehilangan beberapa fungsi setelah usia 35 tahun, dan kapasitasnya menurun secara bertahap seiring bertambahnya usia.

Hal ini disebabkan melemahnya otot dan jaringan paru-paru kehilangan elastisitas. Namun, ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk menjaganya tetap sehat.

Baca Juga: Sering Susah Buang Angin? Waspada, Bisa Jadi Gejala Usus Buntu!

Seperti yang dilansir dari Health Focus, berikut ini ada beberapa car yang bisa Anda lakukan untuk menjaga organ pernapasan, antara lain: 

Lakukan latihan kardiovaskular

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan pernapasan, maka sertakan latihan kardiovaskular dalam rutinitas latihan Anda.

Latihan ini tidak hanya akan membantu meningkatkan sistem pernapasan, tetapi juga akan membuat tubuh tetap bugar.

Berhenti merokok

Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema.

Asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan membuat pernapasan lebih sulit. Ini menyebabkan peradangan kronis, atau pembengkakan di paru-paru, yang dapat menyebabkan bronkitis kronis. 

Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin juga menjadi jawaban dari bagaimana cara merawat organ pernapasan. Olahraga memang menjaga tubuh agar tetap bugar, termasuk paru-paru.

Saat Anda berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan paru-paru bekerja lebih keras.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari. Cari Tahu Yuk!

Mengonsumsi makanan yang bergizi

Makanan yang bernutrisi memberikan energi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk mempengaruhi kesehatan paru-paru.

Nutrisi yang tepat dapat membantu pernapasan lebih mudah dan bisa mencegah gejala asma. Ini juga menjadi tips untuk bagaimana cara merawat organ pernapasan

Tertawa

Lewat tertawa, Anda dapat mengembalikan keseimbangan pikiran dan tubuh. Tertawa juga bisa meningkatkan suasana hati, memperkuat imun tubuh, dan melindungi diri dari stres.

Cara merawat organ pernapasan lewat tertawa adalah olahraga yang baik untuk melatih otot perut dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

Itulah, beberapa cara merawat organ pernapasan agar tetap sehat yang bisa rutin Anda lakukan agar bisa merasakan manfaatnya. Semoga berguna!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News