HOME, Bugar

Lakukan Cara Ini untuk Menghilangkan Bruntusan di Jidat Secara Alami

Lakukan Cara Ini untuk Menghilangkan Bruntusan di Jidat Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Bruntusan adalah jerawat yang brukuran kecil dan banyak, biasanya berada di jidat dan pipi. Bruntusan di jidat tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman dan menggangu penampilan. Namun, masih ada cara untuk mengatasi masalah bruntusan di jidat secara alami.

Anda bisa merawat diri di rumah dengan bahan alami dan tidak membutuhkan biaya besar. Bahan-bahan alami ini dipercaya mampu menghilangkan bruntuan di jidat. Melansir dari realfood.co.id, berikut bahan alami yang bisa menghilangkan bruntusan di jidat, yaitu: 

1. Oatmeal

Ilustrasi kesehatan oatmeal

Cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami pertama adalah oatmeal. Bagi pemilik kulit sensitif, oatmeal bisa menjadi solusi bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Hal ini karena oatmeal mengandung anti inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan peradangan akibat bruntusan.

Jika tertarik mencobanya, Anda bisa menghaluskan oatmeal menggunakan blender dengan campuran air hangat. Setelah teksturnya menjadi seperti bubur, aplikasikan ke area yang mengalami bruntusan. Kemudian, pijat dengan lembut dan perlahan selama 10 hingga 15 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

2. Teh Hijau

Teh hijau

Cara menghilangkan bruntusan di jidat selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa polifenol epigallocatechin gallate yang ternyata mampu menghilangkan bruntusan di jidat. Bahan alami ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Masker wajah dengan bahan teh hijau dipercaya bisa menghilangkan bruntusan. 

Mengolahnya tidak sulit yaitu dengan menyeduh daun atau kantong teh hijau dengan air hangat. Campurkan air seduhan tersebut dengan gel lidah buaya atau madu dan oleskan pada area jidat yang bruntusan. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan cara ini minimal dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengolah Air Mawar untuk Kecantikan di Produk Skincare

3. Madu

Madu

Madu sudah lama dipercaya sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Madu bisa mengatasi permasalahan kulit wajah lainnya, seperti jerawat, kulit kering, dan kulit kusam. Alasannya karena madu mengandung anti bakteri yang mampu meredakan bruntusan di jidat yang meradang.

Kemudian, madu juga mengandung antioksidan sehingga mampu menjaga kesehatan kulit wajah untuk menghalau radikal bebas yang bisa memicu munculnya bruntusan di kulit wajah. Anda bisa menggunakan madu sebagai masker. 

Pilihlah madu asli  dan alami, kemudian aplikasikan madu di jidat yang mengalami bruntusan atau pada daerah kulit wajah secara merata. Diamkan maksimal 15 menit hingga madu terasa kering dan menyerap ke kulit wajah. Selanjutnya, bilas wajah hingga bersih dan keringkan. 

4. Lidah Buaya

Lidah buaya

Cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami yaitu lidah buaya. Lidah buaya juga termasuk bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Lidah buaya bisa bermanfaat untuk menghilangkan bruntusan, menangkan dan meredakan rasa gatal akibat bruntusan.

Lidah buaya mengandung vitamin E sebagai antioksidan dan mampu meredakan iritasi yang disebabkan oleh bruntusan. Haluskan lidah buaya dan oleskan pada area yang bruntusan. Kemudian, diamkan selama 10 - 15 menit atau hingga lidah buaya tersebut agak kering.

Selanjutnya, bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Atau, Anda juga bisa menggunakan ekstrak lidah buaya yang banyak dijual di pasaran namun tanpa adanya kandungan alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News