Bugar

Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Benar

Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Kulit Kaki Kering dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Bagi banyak orang, kulit kaki kering membuat Anda merasa tidak nyaman dan kepercayaan diri menurun. Apalagi saat Anda sedang memakai sendal saat tentunya masalah ini cukup mengganggu. Melansir dari cnfstore.com, ada dua kondisi medis yang menyebabkan kulit kaki kering yaitu eksim dan kaki atlet. 

Pada eksim ditandai dengan kulit kering dan terasa gatal. Sedangkan kaki atlet, disebabkan oleh  jamur akibat terlalu lama menggunakan kaus kaki yang basah ataupun berkeringat. Namun, jangan khawatir masih ada cara untuk mengatasi masalah ini. Masih bersumber dari cnfstore.com, inilah tiga cara mengatasi kulit kaki kering, yaitu:

1. Gunakan Pelembab Khusus

Cara pertama mengatasi kulit kaki kering adalah menggunakan pelembab khusus. Pelembab berfungsi untuk menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit kaki Anda. Ada dua jenis bahan pelembap yang harus dicari, yaitu emolien dan pelembab humektan.

Emolien akan menghidrasi dengan cara menembus kulit dan mengisi celah di antara serpihan kulit, sekaligus mampu membuat kulit terasa halus, lembut, dan fleksibel.

Sedangkan humektan juga menembus lapisan kulit luar tetapi bukannya mengurangi kehilangan air, tapi akan menarik dan mempertahankan kelembaban dari udara dan meningkatkan kapasitas air kulit

Baca Juga: Tips Berolahraga di Kala Waktu Terbatas ala Melanie Putria

2. Memilih Sabun Bebas Busa

Cara mengatasi kulit kaki kering selanjutnya adalah dengan memilih sabun bebas busa. Jika kulit kering disebabkan oleh sabun, maka sebaiknya Anda hentikan penggunaan sabun tersebut agar kulit kaki kering tidak semakin parah.

Saat merasakan adanya sensasi seperti kulit tertarik itu menandakan sabun yang digunakan tidak cocok untuk Anda. Ketika mengalami kulit kering, sebaiknya Anda menggunakan sabun bebas busa agar kulit kembali terhidrasi.

Sabun tanpa busa ini biasanya hadir dalam bentuk krim ataupun cairan seperti susu. Sabun tersebut akan menghilangkan efek kulit yang tertarik dan akan menggantikannya dengan efek melembutkan dan melembapkan.

3. Melakukan Eksfoliasi Kulit Mati

Cara mengatasi kulit kaki kering lainnya yaitu melakukan eksfoliasi kulit mati. Eksfoliasi berfungsi untuk menghilangkan kulit kering dan mengangkat sel kulit mati. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kondisi kulit kering yang lebih buruk, seperti pecah-pecah atau pendarahan.

Lakukan eksfoliasi setelah mandi menggunakan batu apung atau scrub khusus kaki. Anda juga bisa menggunakan pelembap sebelum menggunakan batu apung atau media pengelupasan lainnya. Setelah sel kulit mati hilang, maka kulit kaki kering akan terasa lebih halus.

Dan pastinya kulit kaki akan mudah untuk dikembalikan hidrasinya dengan menggunakan produk pelembap dengan formula khusus untuk kulit kaki kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News