HOME, Bugar

Lakukan 8 Hal Ini Biar Gak Gampang Kena Mental Saat Pandemi

Lakukan 8 Hal Ini Biar Gak Gampang Kena Mental Saat Pandemi

MOMSMONEY.ID - Saat pandemi seperti saat ini membuat banyak orang mengalami takut, cemas, stres dan depresi karena berada di tengah ketidakpastian dan banyak hal terjadi di luar kontrol diri. Sebenarnya mengelola pola pikir dan kebiasaan kita setiap hari bisa membantu mengurangi gangguan mental.

Dikutip dari The Indonesian Institute (TII), berdasarkan data yang dihimpun Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) dari Bulan April – Agustus 2020, sebanyak 3.443 orang melakukan periksa dengan keluhan masalah psikologis.

Sekitar 47,9% di antaranya memperlihatkan gejala kecemasan, diikuti 36,1% menunjukkan gejala depresi dan 16% lainnya menyampaikan permasalahan trauma psikologis. Dari seluruh data responden dari 34 provinsi tersebut, 85 persen di antaranya ialah perempuan.

Dari berbagai responden dapat disimpulkan banyak yang mengeluh dan berpikir tentang kematian atau ingin melukai diri sendiri. Mengacu data ini, momsmoney.id ingin berbagi resep dan referensi sederhana biar mental tetap waras di saat pandemi seperti saat ini.

1. Curhat Dengan Sahabat

Menyampaikan keluh kesah kepada orang terdekat memang menjadi obat yang ampuh untuk meredakan rasa cemas yang mengganggu pikiran. Kita bisa meluangkan waktu sejenak untuk menelpon teman lama hanya sekedar berkabar. Selain menjalin hubungan, menanyakan kabar saat kondisi pandemi seperti ini bisa menjadi penguat yang tak ternilai harganya.

2. Mensyukuri Hidup

Hal yang paling sederhana tapi kerap kita lupakan. Kecerdasan dalam bersyukur harus kita tanamkan dalam-dalam kepada diri kita. Luangkan waktu untuk menghirup udara segar dan sampaikan  rasa syukur kita. Sebutkan apa saja yang kamu syukuri sampai saat ini. Selain menenangkan, hal ini juga akan menjadi kebiasan baik yang bisa kita lakukan setiap hari.

3. Kurangi Begadang

Memang benar kata Roma Irama, begadang memang tidak ada gunanya. Daripada  begadang, lebih baik Moms tidur supaya esok hari bisa bangun lebih segar dan lebih fokus melakukan aktivitas selama seharian. 

Baca Juga: Jalin Hubungan Romantis dengan Pasangan saat Pandemi.

4. Kurangi Gula

Seperti dikutip dari Reader's Digest mengurangi gula sangat banyak sekali manfaatnya, di antaranya tampak lebih muda, membuat lebih bergairah, tidak menimbun lemak, risiko diabetes berkurang, tidur nyeyak, dan aktivitas seksual lebih baik.

5. Batasi Waktu di Media Sosial

Siapa yang susah banget buat mengurangi aktivitas dari media sosial? Boleh kok main media sosial, tapi jangan sampai menjadikan over thinking dan semakin cemas karena melihat pencapaian orang lain. Gunakan media sosial dengan sebijak-bijaknya.

6. Berjemur

Tidak dipungkiri, untuk saat ini berjemur bisa dijadikan upaya untuk terhindar dari virus covid-19. Selain bisa menambah vitamin D dan menambah imunitas tubuh, berjemur juga akan memberikan efek yang baik pada kulit. Kalau kamu berjemur, secara otomatis kamu akan bangun pagi kan? Nambah lagi deh manfaatnya buat tubuh.

 Baca Juga: Pahami 6 Cara Menangani Rasa Tidak Nyaman Karena Stres

7. Bikin Jurnal

Kurang-kurangi deh curhat di media sosial. Selain dampaknya juga tidak terlalu baik, Anda juga akan menghabiskan banyak kuota internet. Lebih baik ambil jurnal dan mulai menulis. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa menulis adalah sikap ekspresif kejujuran atau tanpa sensor. Kamu bisa meluapkan emosimu tanpa takut dihakimi dan dikomen banyak orang.

8. Membaca Buku

Terakhir ya Moms, daripada sibuk baca status dan caption di media sosial, lebih baik geser waktumu untuk membaca buku. Pilih buku yang paling disuka dan bacalah. Selain menambah wawasan, membaca buku juga akan merelaksasi pikiran dari penatnya bekerja seharian.

Nah, lakukan 8 hal ini biar gak gampang kena mental saat pandemi. Kira-kira mana yang akan dilakukan terlebih dahulu nih, Moms?

Selanjutnya: Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi, Ini Caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News