HOME, Bugar

Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Kulit Wajah Tetap Sehat dan Cerah

Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Kulit Wajah Tetap Sehat dan Cerah

MOMSMONEY.ID - Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit wajah sehat dan cerah. Anda bisa memilikinya dengan melakukan beberapa kebiasaan sederhana ini.

Mendapatkan kulit sehat dan cerah memerlukan ketekunan dan konsistensi agar hasilnya menjadi alami. Melansir dari natur-e.co.id, kebiasaan yang membuat kulit wajah tetap sehat dan cerah, yaitu: 

1. Menjaga Kualitas Tidur

Kebiasaan yang membuat kulit wajah sehat dan cerah pertama adalah menjaga kualitas tidur. Jika Anda sering begadang maka kebiasan tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan kulit Anda.

Mulai dari munculnya lingkaran hitam, kulit kering, dan terlihat kusam. Untuk kulit yang tampak cerah alami dan terjaga sehat, hindari terlalu sering begadang dan cukup tidur minimal 7-9 jam per hari.

2. Rutin Olahraga

Kebiasaan yang membuat kulit wajah sehat dan cerah selanjutnya yaitu rutin olahraga. Selain meningkatkan sirkulasi udara untuk kulit yang terlihat segar, olahraga juga jadi cara tepat untuk mengurangi stres.

Pilih aktivitas fisik yang disukai, misalnya kardio intens atau Zumba yang bikin keringat bercucuran, atau yang lebih ringan seperti yoga atau berjalan sambil mendengarkan musik favorit Anda.

Baca Juga: Promo Traveloka Tiket Kereta Api, Diskon Hingga Rp100.000 dengan Paylater

3. Rutin Mencuci Wajah

Berikutnya, kebiasaan yang membuat kulit wajah sehat dan cerah yaitu rutin mencuci wajah. Membiarkan kulit terpapar debu, kotoran, maupun sisa makeup bisa bikin pori-pori tersumbat dan memicu kusam. Ditambah kebiasaan menggunakan masker, tak jarang muncul masalah baru seperti maskne (mask-acne) hingga kulit belang.

Lakukan mencuci wajah secara rutin setiap dua kali sehari pada pagi dan sebelum tidur. Kemudian, pilihlah produk sabun cuci muka yang sesuai jenis kulit wajah Anda. 

4. Lakukan Rutinitas Perawatan Kulit yang Benar

Selain mencuci wajah secara rutin, lakukan juga rutinitas perawatan kulit lainnya dengan benar. Mulai dari perawatan kulit wajah seperti pemakaian produk toner, sunscreen, serum dan masker.

Kemudian, lanjutkan dengan perawatan tubuh, seperti pemakaian body lotion selesai mandi secara rutin atau scrub tubuh. 

5. Atur Pola Makan Sehat 

Kebiasaan yang membuat kulit wajah sehat dan cerah lainnya adalah atur pola makan sehat. Selain perawatan kulit dari luar, imbangi dengan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang.

Perbaiki pola makan yang tinggi karbohidrat dan gula dengan memasukkan lebih banyak bahan makanan kaya antioksidan. Konsumsi buah dan sayur setiap harinya, serta jangan lupa untuk minum air putih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News