HOME, Bugar

Lakukan 5 Cara Ini untuk Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan

Lakukan 5 Cara Ini untuk Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Pentingnya untuk merawat dan menjaga kulit disegala musim. Indonesia memiliki dua musim, yaitu kemarau dan penghujan. Pada musim penghujan, kulit tetap perlu mendapatkan kelembapan dengan baik. Penggunaan produk-produk skincare juga tetap harus Anda lakukan. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, berikut cara merawat kulit wajah di musim hujan, yaitu: 

1. Gunakan Pelembap

Cara merawat kulit wajah di musim hujan pertama adalah gunakan pelembab. Walaupun cuaca dan udara terasa dingin, rutinitas menggunakan pelembab bagi wajah Anda tetap harus dilakukan. Pelembab akan melindungi kulit dari suhu udara yang seringkali berubah-ubah. Kemudian, pelembab akan mengontrol produksi minyak pada wajah agar tetap lembut dan berseri, apapun cuacanya.

2. Gunakan Sunscreen

Cara merawat kulit wajah di musim hujan selanjutnya yaitu gunakan sunscreen. Cuaca mendung dan hujan terasa cukup lebat, sinar matahari akan tetap ada. Gunakan sunscreen tipis-tipis sebagai perlindungan wajib untuk kulit. Anda boleh saja menggunakannya lebih tipis dibandingkan saat cuaca sedang panas.

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Inilah Cara Mengatasi Kulit Wajah Tipis

3. Bersihkan Wajah Jika Terkena Air

Berikutnya, bersihkan wajah jika terkena air hujan karena bisa saja menyerap partikel debu dan kotoran yang ada di udara. Jika ini dibiarkan di wajah, tentunya bisa menimbulkan jerawat, produksi minyak berlebih serta pori-pori yang membesar. Keringkan wajah dengan baik jika wajah Anda terpapar air hujan.

Keringkan dengan menggunakan lap atau handuk yang bersih. Jangan menggosok-gosokkan kain atau lap tersebut ke wajah, cukup menepukkannya secara perlahan hingga wajahmu benar-benar kering. Jika dirasa perlu, Anda bisa membersihkannya dengan cleanser atau toner. Cara lain, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

4. Hindari Makanan Penyebab Jerawat

Selain memakai produk skincare, Anda juga perlu menghindari makanan penyebab jerawat. Makanan-makanan yang berpotensi menyebabkan jerawat dan kulit berminyak, seperti mie instant, gorengan, dan juga makanan kuah bersambal dan berlemak. Jika tidak bisa menghindarinya, Anda dapat menguranginya sedikit demi sedikit.

5. Pakai Produk Skincare yang Cocok Semua Musim 

Cara merawat kulit wajah di musim hujan lainnya adalah pakai produk skincare yang cocok semua musim. Pilihlah produk skincare yang benar-benar sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda agar hasil yang didapatkan menjadi baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News