HOME, Bugar

Lakukan 5 Cara Ini Agar Mendapatkan Bibir Merah Alami

Lakukan 5 Cara Ini Agar Mendapatkan Bibir Merah Alami

MOMSMONEY.ID - Memiliki bibir merah alami adalah dambaan setiap wanita. Bibir cerah dan lembab dianggap bibir yang sehat. Melansir dari Jovee.id, area bibir yang bernama vermilion memiliki pembuluh darah lebih banyak dibanding area kulit lainnya.

Hal tersebut memungkinkan pembuluh darah yang ada di bagian vermilion jadi lebih terlihat. Penampakan pembuluh darah inilah yang membuat bibir Anda memiliki warna merah yang cantik.

Selain itu, warna bibir juga dipengaruhi oleh warna kulit. Makin cerah warna kulit Anda, makin terang warna bibir karena pembuluh darah akan lebih menonjol.

Untuk menjaga menjaga bibir Anda tidak menghitam, hindari merokok dan lindungi wajah dan bibir dari sinar matahari dengan membatasi paparan sinar matahari serta kenakan lip balm yang mengandung tabir surya.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda merawat bibir dengan baik. Lakukan lima cara ini agar Anda mendapatkan bibir merah alami:

1. Scrub bibir

Scrub bibir berfungsi membuang sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kolagen baru. Pembentukan kolagen ini bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan kulit, sehingga bibir tampak lebih cerah. Anda bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah dengan menggunakan bahan madu, gula dan lemon. 

Baca Juga: Alami dan Aman, 5 Bahan Ini Dapat Memutihkan Kulit wajah

  • Scrub bibir madu dan gula 

Campurkan 1 sendok teh gula dengan 1 sendok teh madu. Lalu, oleskan scrub alami tersebut ke permukaan bibir secara merata dan pijat dengan lembut. Selanjutnya, bilas menggunakan air hangat. Sedangkan lemon sering digunakan untuk menyamarkan noda gelap pada kulit karena sifat asamnya.

  • Scrub bibir madu dan lemon

Campur 2-3 sendok teh madu dengan air perasan setengah buah lemon. Aduk sampai berbentuk pasta halus. Oleskan masker ke seluruh permukaan bibir secara merata dan pijat bibir dengan lembut.

Bilas bibir menggunakan air sampai bersih. Anda bisa mengulangi cara memerahkan bibir hitam dengan scrub lemon, madu, serta gula ini 2–3 kali dalam satu minggu sampai memperoleh hasil yang diinginkan.

2. Menghindari kebiasaan menjilat dan menggigit bibir

Menggigit bibir dapat membuat bibir terluka, berdarah, dan memperlambat proses penyembuhannya. Tidak menggigit dan menjilat bibir termasuk cara memerahkan bibir yang cukup efektif.

Selain itu, wanita yang merokok juga dapat menyebabkan bibir hitam karena produksi zat melanin atau pewarna kulit pada bibir menjadi lebih tinggi. Maka dari itu, hindari merokok agar anda dapat memiliki bibir merah alami.

3. Banyak minum air putih

Meminum air putih yang banyak sangat baik untuk kesehatan Anda. Jangan lupa untuk selalu minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari.

4. Melindungi bibir dari paparan sinar matahari

Cara untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari yaitu gunakan lip balm yang mengandung SPF 15. Dengan begitu, bibir Anda tidak akan berubah gelap.

5. Menjaga kelembapan bibir

Tidak hanya kulit tetapi kelembapan bibir juga harus dijaga. Bibir yang kering dan pecah-pecah akan membuat anda tidak nyaman. Nah, cara di atas perlu Anda lakukan guna mencegah bibir pecah-pecah.

Itulah lima cara agar Anda dapat memiliki bibir merah alami. Selain itu, penggunaan bahan alami juga bisa Anda gunakan seperti lidah buaya, jeruk nipis, minyak kelapa dan buah-buahan merah. Yang penting, Anda harus menerapkan pola hidup sehat, moms. 

Selanjutnya: Inilah Manfaat Air Dingin Untuk Perawatan Wajah Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News