HOME, Bugar

Lakukan 5 Cara Ini Agar Aman Melakukan Eksfoliasi Wajah, Sudah Tahu?

Lakukan 5 Cara Ini Agar Aman Melakukan Eksfoliasi Wajah, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Eksfoliasi sangat diajurkan dilakukan jika kulit mengalami ciri-ciri, seperti kulit terlihat kusam dan tidak halus. Eksfoliasi tidak boleh dilakukan sembarangan, dimana dapat memperburuk kondisi kulit Anda. 

Melakukan eksfolasi sebaiknya dilakukan selama 1-2 kali dalam seminggu tidak boleh dilakukan setiap hari. Oleh karena itu, berikut beberapa cara melakukan eksfolasi dengan aman yang bisa Anda coba dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Menyesuaikan dengan Jenis Kulit

Cara eksfoliasi wajah yang aman pertama adalah menyesuaikan dengan jenis kulit. Sebelum melakuka eksfoliasi, pahami jenis kulit yang dimiliki. Jika anda memiliki kulit sensitif, hindari melakukan eksfoliasi karena bisa membuat kulit iritasi. Selain kulit kering, pemilik kulit kering juga perlu mengurangi perawatan kulit dengan eksfoliasi.

Jika anda tetap ingin melakukan eksfoliasi kulit, Anda tetap bisa melakukannya dengan menggunakan produk eksfoliasi yang berbahan krim atau scrub wajah yang mengandung vitamin B5 untuk mencegah munculnya benjolan kecil di wajah.

2. Hindari Melakukan Eksfoliasi Terlalu Sering

Cara eksfoliasi wajah yang aman selajutnya yaitu hindari melakukan eksfoliasi terlalu sering. Hal ini bisa berdampak buruk pada kulit. Menurut beberapa studi, melakukan eksfoliasi kulit dengan scrub cukup dilakukan sekali (untuk kulit kering) atau dua kali (untuk kulit berminyak) dalam waktu satu minggu. Kalau Anda terlalu sering melakukan scrub akan membuat kulit wajah semakin tipis dan menyebabkan iritasi dan kemerahan.

Baca Juga: 5 Penyebab Hipertensi di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

3. Melakukan Eksfoliasi Saat Malam Hari

Waktu terbaik melakukan eksfoliasi wajah adalah pada malam hari. Namun, tidak ada salahnya juga melakukan eksfoliasi kapan saja. Ada beberapa kandungan eksfoliasi yang menjadi lebih rentan pada sinar matahari, seperti AHA atau BHA. 

Agar bisa mendapatkan hasil yang optimal, disarankan memakai produk eksfoliasi saat malam hari sebelum tidur. Hal ini akan membuat kulit Anda beristirahat dan memaksimalkan proses regenerasi sel kulit yang baru.

4. Gunakan Produk Hidrasi Setelah Melakukan Eksfoliasi

Setelah melakukan eksfoliasi, jangan lupa untuk menggunakan produk hidrasi pada kulit wajah. Produk-produk hidrasi yang bisa Anda pakai, seperti pelembab dan essence. Tentunya pemilihan produk hidrasi tersebut sesuai dengan jenis kulit Anda. Hal ini berfungsi untuk menjaga hidrasi kulit dan meminimalisir iritasi yang disebabkan oleh produk eksfoliasi. 

5. Hindari Produk Eksfoliasi yang Menyebabkan Iritasi

Cara eksfoliasi wajah yang aman lainnya yaitu hindari produk eksfoliasi yang menyebabkan iritasi. Produk eksfoliasi bisa berasal dari banyak bahan mulai dari kacang-kacangan sampai dengan ekstrak apel. Pastikan Anda tidak memilih produk dengan bahan yang terlalu keras agar tidak melukai kulit. Kemudian anda bisa menggunakan gentle exfoliant seperti lactic acid atau asam laktat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News