Keluarga

Lakukan 5 Aktivitas Fisik Ini untuk Membantu Anak Menghilangkan Stres

Lakukan 5 Aktivitas Fisik Ini untuk Membantu Anak Menghilangkan Stres

MOMSMONEY.ID - Stres tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga. Stres pada anak dapat terjadi karena berbagai alasan seperti perubahan rutinitas, konflik dengan teman, atau ekspektasi orang tua yang dibebankan kepada mereka.

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak yang mengalami stres tidak selalu memiliki kata-kata untuk mengungkapkan perasaan mereka. Ini berarti bahwa stres pada anak dapat muncul dalam berbagai cara seperti perubahan suasana hati, bertingkah, kurang tidur atau konsentrasi, dan keluhan sakit perut atau kepala.

Untuk menghilangkannya, aktivitas fisik yang teratur menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Berdampak positif bagi kesehatan mental anak, inilah 5 aktivitas fisik yang bisa menghilangkan stres pada anak-anak sebagaimana dilansir dari Children's Health.

Baca Juga: 4 Cara Tepat untuk Menghadapi Anak yang Suka Berargumen

1. Aktivitas aerobik

Aktivitas aerobik adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres. Pasalnya, aktivitas ini bisa memompa darah dan melepaskan bahan kimia yang meningkatkan mood. Ajaklah anak-anak Anda untuk naik sepeda atau scooter, jalan-jalan di alam, bermain hula hoop, lompat tali, atau berenang.

Setidaknya anak-anak membutuhkan waktu 60 menit untuk beraktivitas fisik setiap hari. Apabila Anda terlalu sibuk, Anda dapat membagi waktu 60 menit tersebut menjadi beberapa sesi yang singkat supaya tetap bisa beraktivitas aerobik bersama anak-anak Anda.

2. Stretching

Stretching atau peregangan dapat membantu mengenali dan meredakan ketegangan pada otot. Ketika anak Anda mulai terlihat stres, Anda bisa mengajarkan mereka untuk berhenti sejenak dari aktivitasnya dan melakukan stretching singkat.

Selain dapat dilakukan di tengah aktivitas rutin pada siang hari, stretching juga bisa dilakukan sebelum tidur untuk membantu anak bersantai dan lebih siap untuk tidur.

3. Yoga

Yoga adalah bagian dari olahraga dan meditasi yang sempurna untuk menjernihkan pikiran dan mengurangi stres. Sama halnya dengan stretching, yoga dapat dilakukan sebelum tidur untuk membantu anak merasa rileks. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan yoga sebagai cara untuk membantu anak memulai hari mereka dengan pikiran yang tenang.

Untuk posenya, Anda dan anak bisa melakukan urutan pose swan dive, downward dog, dan cobra. Selesaikanlah gerakan tersebut secara perlahan satu demi satu untuk menciptakan aliran yoga.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Sarapan untuk Anak dan Remaja

4. Bernapas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam atau deep breathing merupakan cara yang bagus untuk menurunkan detak jantung dan fokus saat seseorang merasa kewalahan. Untuk melakukan aktivitas ini, Anda dapat mencari panduan tentang teknik pernapasan melalui aplikasi, buku, atau video YouTube kemudian praktikkan bersama anak Anda.

Anda bisa mengajarkan kepada anak cara menarik napas dalam-dalam dengan berlatih mencium bunga melalui hidung. Lalu, arahkan anak untuk mengembuskan napas perlahan sembari membayangkan mereka sedang meniup gelembung.

5. Pergi ke luar

Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar gadget dapat menyebabkan stimulasi berlebihan terutama pada anak-anak. Akibatnya, mereka akan mudah mengalami stres dan kecemasan. Mengingat otak anak butuh istirahat untuk memproses dan berefleksi, maka budaya digital terbilang tidak kondusif untuk kebutuhan tersebut.

Alih-alih membiarkan anak bermain gadget atau menonton televisi selama berjam-jam, sebaiknya ajaklah mereka untuk beraktivitas outdoor sesering mungkin. Anda bisa mengajak anak untuk berjalan di alam yang telah terbukti mampu meningkatkan suasana hati dan perasaan sejahtera. Ajaklah anak-anak Anda untuk menjalahi taman, jalur hiking, atau sekadar jalan-jalan di lingkungan sekitar rumah untuk mengusir stres sekaligus memperkuat hubungan Anda dengan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News