HOME, Bugar

Lakukan 4 Cara Mudah Ini untuk Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

Lakukan 4 Cara Mudah Ini untuk Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

MOMSMONEY.ID - Mengalami kulit kering dan bersisik cukup mengganggu penampilan Anda sehari-hari. Kulit kering dan besisik menandakan bahwa kulit sedang tidak sehat.

Melansir dari thebodyshop.co.id, kulit kering bersisik disebabkan oleh terlalu cepatnya proses pengelupasan lapisan luar kulit atau disebut dengan epidermis dalam jumlah besar sehingga kulit tampak bersisik dan kasar saat disentuh. Selain itu, ada beberapa penyebab lain seperti cuaca dan kurangnya asupan cairan. 

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah kulit kering dan bersisik ini, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan. Berikut penjelasannya masih dari sumber yang sama, yaitu: 

1. Menambah Asupan Cairan

Cara mudah mengatasi kulit kering dan bersisik adalah dengan menambah asupan cairan. Kurangnya asupan cairan bisa membuat kulit kering sehingga memicu kulit bersisik dan kusam. Oleh karena itu, sebisa mungkin pastikan tubuh Anda memperoleh asupan air yang cukup sehingga kelembapannya tetap terjaga. Disarankan minum air putih minimal 8 gelas/ hari, serta konsumsi sayur dan buah-buahan juga. 

2. Mandi atau Kompres Air Dingin

Cara mengatasi kulit kering dan berisik selanjutnya yaitu mandi atau kompres dengan air dingin. Namun, jangan terlalu lama saat mandi atau mengompresnya. Sebaiknya, mandi tidak lebih dari 5-10 menit. Hindari mandi menggunakan air panas karena bisa menghilangkan minyak alami tubuh sehingga menghalangi kelembapan demi menjaga kulit Anda tetap halus dan lembap.

Baca Juga: Waspada! Inilah Penyebab Skin Barrier Bisa Rusak

3. Keringkan Tubuh dengan Benar

Cara mengatasi kulit kering dan kusam berikutnya adalah keringkan tubuh dengan benar. Ada baiknya Anda memperhatikan jenis handuk yang dipakai. Hindari mengeringkan tubuh menggunakan handuk yang kasar. Gesekan antar kulit dengan tekstur kasar handuk bisa merusak lapisan terluar kulit, sehingga menyebabkan kekeringan lebih lanjut dan menimbulkan iritasi.

4. Memakai Pelembab yang Tepat

Terakhir, cara mengatasi kulit kering dan bersisik yaitu memakai pelembab yang tepat. Pelembab berfungsi untuk memberikan asupan kelembapan kulit setelah mandi, setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur. Pada kondisi kulit kering bersisik, sebaiknya gunakan saja pelembap tubuh dengan kandungan pelembap tinggi seperti body butter.

Pelembap tubuh yang satu ini memiliki tekstur yang sangat kental dan padat seperti mentega. Dalam menggunakannya, sebaiknya setiap selesai mandi pagi dan sebelum beranjak tidur untuk membantu penyerapan agar kulit tidak kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News