HOME, Keluarga

Lakukan 4 Cara Ini untuk Membantu Mengatasi Rasa Hampa dalam Hidup Anda

Lakukan 4 Cara Ini untuk Membantu Mengatasi Rasa Hampa dalam Hidup Anda

MOMSMONEY.ID - Hampir setiap orang pernah merasa hampa atau kosong di beberapa titik kehidupan mereka. Akan tetapi, tidak banyak yang dapat menunjukkan dengan tepat mengapa mereka merasa kosong. Tidak sedikit orang yang menyalahkan kepergian kekasih, kurangnya tujuan, kebosanan, atau memiliki sedikit teman sebagai penyebab kekosongan dalam diri. 

Faktanya, alasan-alasan tersebut bukanlah inti dari kekosongan. Inti dari kekosongan yang sebenarnya justru terletak pada kurangnya rasa cinta untuk diri sendiri.

Seorang penulis bernama Margaret Paul, Ph.D., mengatakan, bahwa hanya ada satu hal yang benar-benar bisa mengisi kekosongan, yakni cinta. Dan, satu-satunya penyebab kekosongan batin adalah kurangnya cinta.

Hal ini bukan berarti kekurangan cinta dari orang lain lah yang menyebabkan Anda merasa kosong, melainkan kekosongan itu berasal pengabaian diri yang Anda lakukan dengan tidak mencintai diri sendiri.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui

Setelah Anda mengetahui penyebab dasarnya, kira-kira apa saja cara yang bisa Anda lakukan untuk mengisi kekosongan yang sedang Anda alami? Melansir Youth Habilitation Quinte (Youthab), inilah 4 cara yang bisa Anda praktikkan.

1. Berusahalah untuk memahami perasaan Anda sendiri

Anda tidak bisa menyelesaikan suatu masalah jika Anda tidak memahaminya terlebih dahulu. Kira-kira, apa sih yang telah menghentikan komitmen Anda untuk mencintai diri sendiri? Moms, ketahuilah bahwa satu-satunya alasan mengapa Anda merasa kosong justru terletak pada diri Anda sendiri.

Jika dalam diri Anda selalu ada perasaan puas dan aman, agaknya Anda tidak perlu lagi untuk mencari kepuasan dari tempat lain bukan? Tentu saja, kehilangan seseorang yang Anda cintai atau mengalami pengalaman traumatis memang dapat menumbuhkan perasaan hampa. Kendati begitu, perasaan tersebut tetap dapat dimengerti.

Untuk mengisi kembali kekosongan yang sedang Anda rasakan, maka dibutuhkan keberanian dari diri Anda untuk merobek luka dan belajar mencintai bekas luka tersebut. Ini adalah langkah yang penting untuk menuju ke tahapan mencintai diri sendiri. Walau tidak akan sukses dalam waktu semalam, namun Anda harus terus bertahan untuk berhadapan langsung dengan ego Anda sendiri sampai akhirnya tidak ada lagi hal-hal menyedihkan yang tersisa untuk Anda rindukan.

2. Salurkan emosi Anda

Anda tidak bisa begitu saja menjalani hidup dan menyimpan semua perasaan Anda rapat-rapat. Bukan hanya tidak sehat, kebiasaan memendam perasaan juga tidaklah alami. Sebagai makhluk yang kompleks dengan berbagai emosi, Anda tidak boleh menahan perasaan Anda hanya karena masyarakat tampak memandang rendah orang-orang yang mengekspresikan diri.

Apapun yang bisa membuat Anda merasa utuh, lakukanlah. Jika dirasa kegiatan menggambar, menulis, melukis, menyanyi, menari, berakting, mendaki, atau bersepeda dapat membuat Anda merasa lebih baik, maka lakukan saja tanpa perlu berpikir terlalu panjang.

Dengan begini, Anda akan terbantu untuk mengisi kekosongan yang sedang Anda rasakan sekaligus memberikan Anda cara yang sehat untuk mengekspresikan diri.

3. Berkomitmen untuk mencintai diri sendiri apapun yang terjadi

Mencintai diri sendiri adalah salah satu hal tersulit untuk dilakukan oleh setiap orang dalam hidup ini. Pasalnya, perasaan yang menganggap bahwa diri sendiri tidak cukup baik selalu saja menghantui bahkan saat seseorang sudah hampir berhasil mencintai dirinya sendiri. Hal ini dapat diperparah dengan keberadaan media sosial yang cenderung mendorong para penggunanya untuk membandingkan diri dengan orang lain yang dianggap lebih baik.

Selain media sosial, iklan-iklan di televisi pun kerap mempromosikan sesuatu yang diklaim dapat membuat para konsumennya menjadi sempurna. Alhasil, orang-orang selalu merasa kurang puas dengan dirinya sendiri dan semakin berambisi untuk mencapai standar yang seharusnya tidak perlu.

Demi kesehatan mental Anda, sangat disarankan bagi Anda untuk mengurangi atau menjauhi hal-hal yang hanya akan memberikan efek destruktif bagi diri Anda. Sebagai gantinya, berkomitmenlah untuk mencintai diri Anda sendiri tanpa syarat. Buatlah pilihan untuk terus mencintai diri sendiri tidak peduli apa yang orang pikirkan tentang Anda, kesalahan apa yang Anda buat, atau jalan apa yang Anda ambil dalam hidup.

Ingatlah bahwa Anda tidak dapat merasa benar-benar hidup jika Anda tidak dapat mencintai dan menikmati momen bersama orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama Anda yang mana orang tersebut adalah diri Anda sendiri.

4. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia

Anda bahkan tidak akan ingat untuk merasakan kekosongan dalam hidup jika Anda mengisi hari-hari Anda dengan kegiatan yang bisa membuat Anda bahagia. Saat Anda selalu bisa menikmati kehidupan dengan hal-hal yang Anda sukai, Anda pun tidak akan merasa kesulitan untuk kembali bangkit saat terjatuh. Alih-alih tunduk pada perasaan tidak berharga dan kekalahan, Anda justru dapat memilih untuk berdiri dan berjuang.

Jangan ragu untuk mencari pengalaman baru di setiap jengkal kehidupan Anda misalnya mendaftar kelas seni bela diri atau yoga, bergabung dengan komunitas hiking, belajar menjadi vegetarian, atau apapun yang bisa membuat Anda benar-benar puas. Saat Anda fokus melakukan hal-hal yang membahagiakan, niscaya kekosongan Anda akan perlahan memudar dan digantikan dengan perasaan cinta.

Moms, pahamilah dengan baik bahwa hidup menuntut Anda untuk terus bergerak agar bisa berkembang. Apabila Anda memilih untuk mengambil langkah setiap hari supaya bisa merasa hidup kembali, maka tidak akan ada waktu luang bagi Anda untuk melihat kekosongan. Tidak peduli seberapa sulit kelihatannya, Anda tetap bisa melawan kekosongan dalam diri asalkan yakin dan konsisten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News