HOME, Keluarga

Lagi Tren, Gaya Dekorasi Cottagecore yang Bikin Rumah Terkesan Klasik

Lagi Tren, Gaya Dekorasi Cottagecore yang Bikin Rumah Terkesan Klasik

MOMSMONEY.ID - Layaknya tren fesyen dan kecantikan, tren gaya dekorasi dan interior rumah juga terus berkembang. Nah, salah satu gaya dekorasi dan interior rumah yang belakangan ini sedang menjadi tren adalah gaya cottagecore.

Gaya dekorasi rumah yang sudah menjadi tren sejak tahun 2021 ini berfokus pada tatanan rumah yang banyak mengadaptasi unsur alam, sustainability, eco-living, dan memaksimalkan kenyamanan penghuninya.

Penasaran dengan gaya rumah yang satu ini? Simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Simak Kelebihan Rumah Tipe 36 yang Banyak Peminatnya di Indonesia

Apa itu style cottagecore?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by cindy (@acottagegirl)

Dilansir dari Your Home Style UK, dekorasi bergaya cottagecore pada dasarnya adalah gaya maksimalis yang dipadukan dengan sentuhan vintage sehingga terkesan rustic.

Gaya ini umumnya hampir mirip dengan gaya country atau farmhouse. Namun, gaya cottagecore lebih menekankan tampilan rumah yang terkesan homey dan nyaman dengan beragam aksesoris yang terlihat antik dan vintage.

Interior rumah bergaya cottagecore awalnya dipopulerkan di daerah pedesaan Inggris yang masih terkesan tradisional. Jadi, dengan menggunakan gaya cottagecore, Anda akan mendapatkan kesan rumah pedesaan yang nyaman, seakan-akan berada di pinggiran kota atau hutan yang sepi dan menenangkan.

Baca Juga: Ini Tren Interior Rumah yang Diprediksi Populer Pada Tahun 2022

Mengapa gaya cottagecore populer?

Sejak mulai populer pada tahun lalu, interior rumah bergaya cottagecore banyak digemari karena tampilannya yang nyaman sekaligus estetik. Apalagi, di masa pandemi yang cukup menguras tenaga dan pikiran, orang-orang cenderung semakin menginginkan penampilan rumah yang nyaman dan menenangkan untuk melepaskan stres dan kepenatan.

Mengutip Build Direct, gaya cottagecore juga populer karena turut mendukung konsep rumah yang sustainable atau berkelanjutan. Sebab, gaya cottagecore banyak berfokus pada tampilan rumah yang alami dan vintage, sehingga dapat mendorong penggunaan barang-barang bekas dan terbuat dari bahan alami. Hal ini bisa membantu memperpanjang masa pakai suatu barang dan membantu Anda menjalani gaya hidup yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Tips Mengaplikasikan Warna Very Peri di Rumah, Tren Warna Pantone 2022

Apa saja elemen pada gaya cottagecore?

Interior rumah bergaya cottagecore cenderung terlihat vintage dan klasik sehingga terlihat nyaman layaknya rumah pedesaan di Inggris. Nah, berikut ini elemen yang bisa membantu Anda mewujudkan gaya cottagecore di rumah.

  • Lantai kayu dengan motif simpel dan warna yang memudar untuk memberi kesan hangat, nyaman, dan antik pada rumah.
  • Barang yang terbuat dari bahan alami atau terlihat alami untuk memberi kesan natural dan klasik, misalnya kayu, batu, dan lain-lain.
  • Furnitur vintage yang antik dengan warna yang terlihat memudar untuk memberikan kesan cottage yang tradisional dan otentik.
  • Kain dan tekstil berbahan alami pada selimut, bantal, dan gorden, misalnya kain wol, katun, atau linen. Gunakan kain dengan berbagai jenis tekstur untuk memperkuat suasana cottage di rumah.
  • Buket bunga kering seperti mawar yang diletakkan dalam vas kaca untuk menambahkan sentuhan organik dan warna lembut pada interior rumah, misalnya di ruang keluarga atau kamar tidur.

Itulah serba-serbi dekorasi rumah bergaya cottagecore yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, tertarik mengaplikasikan gaya ini di rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News