HOME, Keluarga

Kurangi Risiko Cidera, Ini Caranya Mendesain Kamar Mandi yang Aman

Kurangi Risiko Cidera, Ini Caranya Mendesain Kamar Mandi yang Aman

MOMSMONEY.ID - Kamar mandi termasuk salah satu area di rumah yang rentan menjadi lokasi berbagai kecelakaan, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas terbatas seperti lansia dan orang sakit.

Untuk meminimalisir risiko kecelakaan dan cedera tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mendesain kamar mandi yang lebih aman.

Desain kamar mandi yang aman ini tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kecelakaan, tapi juga membuat kamar mandi lebih nyaman.

Jadi, kira-kira seperti apa desain kamar mandi yang aman sekaligus nyaman untuk seluruh penghuni rumah? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Sepatu, Mudah Dilakukan!

Hindari terlalu banyak undakan

Dikutip dari Arch Daily, salah satu hal utama yang perlu diperhatikan dalam desain kamar mandi adalah kemudahan penghuni rumah dalam mengaksesnya. Hal ini bisa dicapai dengan mendesain kamar mandi yang minim undakan.

Memang, kamar mandi sebaiknya memiliki lantai yang lebih rendah dari area lain di rumah supaya air tidak mudah merembes keluar kamar mandi. Namun, perhatikan tinggi dan jumlah undakannya supaya penghuni rumah tidak perlu melangkahkan kakinya terlalu tinggi atau terlalu rendah saat keluar-masuk kamar mandi.

Pasang pegangan

Bagi para lansia dan orang yang sedang sakit, berjalan di dalam rumah dengan lantai yang kering saja bisa menjadi masalah, apalagi jika berjalan di kamar mandi yang cenderung basah dan rentan membuat tergelincir.

Dilansir dari Concept Bath, masalah tersebut dapat diatasi dengan cara memasang grab bar atau pegangan di sepanjang dinding dan dekat kloset supaya penghuni rumah bisa berpegangan dengan aman di kamar mandi. Pastikan pegangan tersebut dipasang dengan kuat dan bisa diraih dengan mudah, terutama dari kloset.

Baca Juga: 4 Ide Menata Taman Belakang Rumah yang Minimalis dan Cantik

Gunakan keramik lantai anti-selip

Selain memasang pegangan atau grab bar untuk meminimalisir risiko tergelincir di kamar mandi, Anda juga bisa menggunakan keramik lantai yang anti-selip. Artinya, keramik lantai untuk kamar mandi sebaiknya memiliki tekstur yang kasar sehingga tidak terlalu licin saat dipijak.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan lantai keramik yang memiliki warna kontras dengan dinding dan perlengkapan kamar mandi untuk membantu lansia dan orang yang sulit melihat dengan jelas di kamar mandi.

Baca Juga: 5 Problem yang Kerap Terjadi di Kamar Mandi dan Penyebabnya

Gunakan keset anti-selip

Keset kaki yang basah kerap menjadi penyebab utama tergelincir, terutama saat akan keluar-masuk kamar mandi.

Sebagai langkah ekstra untuk mencegah tergelincir, Anda bisa menambahkan keset dengan alas anti-selip atau non-slip. Keset jenis ini biasanya didesain supaya tidak mudah bergeser di atas permukaan yang licin, sehingga dapat membantu melindungi Anda saat mengeringkan kaki di atasnya.

Optimalkan pencahayaan

Dikutip dari Home Design Lover, pencahayaan kamar mandi yang suram dan gelap dapat mempengaruhi keamanan Anda. Misalnya, karena sulit melihat, Anda bisa saja tersandung atau tergelincir di dalam kamar mandi.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan kamar mandi Anda memiliki pencahayaan yang optimal. Selain mengandalkan pencahayaan alami, Anda juga bisa memasang lampu dengan tingkat pencahayaan yang terang.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendesain kamar mandi yang aman dan nyaman. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News