Keluarga

Kurangi Minyak Berlebih, Ikuti 4 Cara Menggoreng Ikan Anti Meletup

Kurangi Minyak Berlebih, Ikuti 4 Cara Menggoreng Ikan Anti Meletup

MOMSMONEY.ID - Sering kali minyak meletup saat tengah menggoreng aneka jenis masakan, salah satunya ikan goreng. Nah, begini cara menggoreng ikan dengan minyak anti meletup.

Letupan minyak panas tentu sangat meresahkan karena bisa saja mengenai kulit. Tapi, kini Moms tak perlu khawatir karena MomsMoney akan membagikan cara menggoreng ikan tanpa takut minyak meletup.

Merangkum dari Maggi, Kitchenicious, dan Learn Cooking UK, berikut caranya:

Perhatikan kebersihan

Pastikan untuk selalu membasuh wajan & spatula hingga kering apabila telah dicuci.

Perhatikan hal ini agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan. Pasalnya, minyak akan bereaksi meletup apabila terkena air.

Baca Juga: Ikuti 4 Cara Mengusir Bau Masakan yang Menyengat di dalam Rumah

Serap kelembapan ikan

Jika menyimpan ikan di dalam lemari es, Anda perlu mendiamkan ikan hingga beberapa saat. Ini supaya ikan tidak membatu dan kelembapannya menurun.

Setelah bunga es pada ikan mulai mencair, barulah lapisi dengan kitchen paper agar ikan tidak terlalu berair. Tahap ini sangat ampuh dalam mengurangi letupan minyak saat menggoreng ikan, Moms.

Menggoreng Ikan

Baca Juga: 6 Cara Hilangkan Bau Gosong Pada Makanan, Efektif dan Mudah Dilakukan

Tuang tepung ke dalam minyak panas

Agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan, pastikan minyak dalam wajan telah panas. Setelah itu, taburkan sedikit tepung terigu ke dalam minyak tadi.

Perlu Moms ketahui, menaburkan tepung terigu hanya dilakukan sedikit saja pada minyak yang telah menggelembung dan siap meletup. Tips ini cukup ampuh membuat minyak tidak meletup-letup saat menggoreng ikan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memasak di Rumah Dibanding Makan di Restoran

Tepung jagung

Cara yang satu ini juga tak kalah ampuhnya dalam membuat minyak tidak meletup saat memasak ikan goreng, loh!

Cukup lapisi kedua sisi ikan secara merata namun sangat tipis menggunakan tepung jagung sebelum mulai menggorengnya. Moms kini tidak perlu lagi khawatir minyak akan meletup saat menggoreng ikan.

Nah, itu dia beberapa cara menggoreng ikan tanpa takut minyak meletup. Sayangnya, menggoreng ikan membuat minyak yang terserap pada ikan goreng menjadi banyak.

Baca Juga: Kurangi Makanan Berminyak, Ini 3 Tips Menggoreng Kentang Dengan Sedikit Minyak

Agar Moms bisa kurangi minyak berlebih pada ikan goreng, MomsMoney akan memberikan beberapa tips ampuh kurangi minyak berlebih pada ikan goreng dan makanan lainnya yang digoreng.

Melansir dari Slurrp dan Times of India, ini dia cara kurangi minyak berlebih pada ikan goreng:

Lapisi dengan tisu

Cara termudah dan paling sering dilakukan untuk kurangi minyak berlebih pada ikan goreng adalah dengan melapisinya menggunakan tisu.

Gunakan tisu khusus untuk makanan sehingga minyak pada ikan goreng dapat terserap lebih banyak daripada jenis tisu lainnya.

Baca Juga: Resep Pizza Kentang Topping Sosis dan Mozarella Meleleh, Bisa Dimasak di Teflon

Tidak ada endapan

Minyak goreng di sebuah supermarket di Depok

Untuk dapat kurangi minyak berlebih pada ikan goreng, pastikan bahwa minyak goreng yang akan digunakan bersih dari endapan atau sisa bahan makanan yang gosong.

Adanya endapan dapat menyebabkan penyerapan minyak yang berlebihan dan merusak rasa makanan.

Baca Juga: Tips Rahasia Bikin Tepung Panir Awet Menempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

Rebus sebelum digoreng

Menggunakan dua metode memasak sekaligus ternyata dapat secara efektif kurangi minyak berlebih, loh! Kedua metode memasak ini adalah: rebus lalu goreng.

Daging serta sayuran yang direbus terlebih dahulu sebelum digoreng tidak hanya dapat menghemat waktu, tetapi juga mengurangi penyerapan minyak.

Proses ini juga dapat membuat berbagai bahan makanan lain jadi tidak terlalu berminyak.

Tambahkan soda kue

Cara lain untuk dapat kurangi minyak berlebih yang menempel pada ikan goreng adalah dengan menambahkan cairan berkarbonasi ataupun soda kue pada adonan tepung.

Ini dapat membantu melepaskan gelembung gas yang selanjutnya dapat mengurangi penyerapan minyak goreng berlebih.

Baca Juga: Resep Jjampong, Mie Seafood Pedas ala Korea yang Berkuah Merah

Pilih jenis tepung tertentu

Menggoreng Ayam tepung jadi salah satu cara kurangi minyak berlebih pada makanan

Untuk bisa kurangi minyak berlebih yang menempel pada makanan yang digoreng, perlu secara bijak menentukan jenis tepung yang digunakan. Sebab, jenis tepung secara efektif dapat memengaruhi sedikit atau banyaknya minyak yang menempel.

Tepung roti atau tepung gandum dapat menyerap minyak lebih banyak, sehingga makanan jadi lebih berminyak daripada biasanya.

Sementara adonan tipis yang terbuat dari tepung tepung beras ataupun tepung jagung dapat mengurangi jumlah minyak yang terserap pada makanan.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Memilih Udang Segar, Lihat Warna Hingga Kulitnya

Periksa suhu minyak

Sebelum menggoreng makanan, pastikan untuk selalu memeriksa suhu minyaknya terlebih dahulu.

Suhu minyak yang tinggi secara efektif dapat membantu kurangi minyak berlebih pada makanan yang digoreng. Selain itu, makanan jadi matang secara merata.

Sementara suhu minyak yang belum panas malah hanya akan membuat minyak meresap berlebihan pada makanan.

Itulah cara-cara menggoreng ikan agar minyak tidak meletup serta cara mengurangi minyak pada ikan goreng dan makanan yang digoreng. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News