Bugar

Kurangi Makanan Manis dan Bersoda, Ini 5 Kebiasaan Merusak Kesehatan Mulut dan Gigi

Kurangi Makanan Manis dan Bersoda, Ini 5 Kebiasaan Merusak Kesehatan Mulut dan Gigi

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa kebiasaan merusak kesehatan mulut dan gigi yang perlu Anda ketahui, mulai mengurangi makanan manis dan bersoda.

Memiliki gigi yang sehat, putih, dan bersih adalah dambaan setiap orang. Namun, mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah mengedipkan mata. 

Pasalnya, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang merusak gigi, yang mungkin Anda lakukan tanpa disadari.  

Dirangkum dari Mayo Clinic dan Everyday Health, berikut beberapa kebiasaan merusak kesehatan mulut dan gigi yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Sederet Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

1. Konsumsi minuman berenergi setelah olahraga

Kebiasaan merusak kesehatan mulut dan gigi yang pertama adalah terbiasa mengonsumsi minuman berenergi setelah berolahrga. 

Sehabis olahraga, belum lengkap rasanya jika tidak mengonsumsi minuman berenergi. Minuman berenergi tersebut seakan-akan memberikan efek segar dan bersifat menggantikan tenaga yang hilang. 

Ternyata minuman energi juga bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan gigi Anda karena memiliki kandungan gula dan asam yang tinggi.  

2. Menggeretakkan gigi

Kebiasaan merusak kesehatan mulut dan gigi yang kedua adalah menggeretakkan gigi. Kebiasaan ini umum disebut bruxism dan bisa merusak gigi.

Penyebabnya dipicu oleh stress dan biasanya terjadi ketika tidur tanpa disadari oleh penderita. 

Biasanya dokter gigi akan memberikan pelindung gigi berupa mouth guard yang dapat digunakan saat tidur untuk melindungi gigi Anda dari kerusakan yang lebih lanjut. 

Baca Juga: Waspada jika Sering Insomnia, Kenali Gejala Kanker Otak Sejak Dini

3. Makanan manis dan minuman bersoda

Kebiasaan merusak kesehatan mulut dan gigi yang selanjutnya adalah terbiasa makan makanan manis dan minum minuman bersoda berlebihan. 

Makanan manis adalah musuh nomor satu untuk kesehatan gigi dan mulut yang sebaiknya kebiasaan ini mulai dikurangi. Hal ini dapat menyebabkan gigi Anda berlubang.

Selain itu, permen dan minuman soda yang banyak mengandung gula, akan menempel di gigi dan dirubah menjadi asam oleh bakteri yang dapat merusak gigi geligi anda.

4. Merokok

Kebiasaan merusak kesehatan mulut dan gigi yang lainnya adalah kebiasaan merokok. Tak hanya mengganggu kesehatan tubuh, merokok juga dapat merusak gigi, gusi dan mulut.

Hal ini bisa terjadi karena rokok terdiri atas tembakau, tar, nikotin, karbon monoksida, amonia dan zat berbahaya lainnya yang bisa mengiritasi rongga mulut. 

Tidak hanya sekedar iritasi, merokok juga sering dihubungkan dengan terjadinya gigi kuning, peradangan gusi atau gingivitis, gusi menghitam, bau mulut, hingga penyakit kanker mulut. 

Baca Juga: Ternyata Bahaya, Ini Dampak Kekurangan Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh

5. Membuka kemasan dengan gigi

Kebiasaan merusak kesehatan mulut dan gigi yang terakhir adalah membuka kemasan dengan gigi. 

Fakta menyebutkan bahwa kebiasaan membuka kemasan makanan atau tutup botol dengan gigi dapat menyebabkan gigi retak atau patah. 

Jika kondisi tersebut terjadi, tindakan penambalan gigi sangatlah diperlukan. Pada kasus yang parah, pasien bahkan perlu mendapat perawatan saraf gigi yang intensif. 

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang merusak gigi. Jika Anda merasa pernah melakukannya, segera koreksi agar kesehatan gigi dan mulut senantiasa terjaga. 

Dan yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk periksa ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Itulah beberapa kebiasaan merusak kesehatan mulut dan gigi yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News