Bugar

Kurangi Konsumsi Gula! Inilah 4 Penyebab Bruntusan di Wajah

Kurangi Konsumsi Gula! Inilah 4 Penyebab Bruntusan di Wajah

MOMSMONEY.ID - Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang menjadi daya tarik penampilan. Munculnya bruntusan di wajah membuat Anda merasa tidak percaya diri.

Bruntusan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali penyebab bruntusan, sehingga lebih mudah untuk mencari tahu cara mengatasi bruntusan di jidat.

Melansir dari loreal-paris.co.id, berikut penyebab bruntusan di wajah yang harus Anda tahu, yaitu: 

Bruntusan di jidat

1. Hormon 

Penyebab bruntusan pertama adalah hormon. Anda harus tahu bahwa beberapa pil KB bisa memicu munculnya bruntusan di jidat, tapi fluktuasi hormon yang terjadi secara alami juga bisa memicu hal ini.

Jika ini terjadi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mencari tahu secara pasti penyebabnya dan bisa dapatkan penanganan yang tepat.

2. Mengonsumsi Banyak Gula

Selanjutnya, penyebab bruntusan di jidat yaitu terlalu mengonsumsi banyak gula. Segala makanan dan minuman yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Terlalu banyak gula bisa memicu bruntusan di jidat karena gula menghilangkan antioksidan yang terdapat di kulit wajah. Jadi, ubah pola makan Anda jadi lebih sehat dengan mengurangi konsumsi gula sesuai jumlah yang direkomendasikan. 

Baca Juga: Perawatan Khas Bali, Inilah Manfaat & Cara Membuat Lulur Boreh

3. Keringat

Keringat juga termasuk penyebab bruntusan di jidat. Berkeringat itu sehat karena dapat mendetoksifikasi racun serta melindungi kulit dari bakteri. Namun membiarkan keringat terlalu lama di kulit wajah dapat memicu bruntusan di jidat karena kotoran jadi mudah menempel. Oleh karena itu, jaga kebersihan kulit wajah untuk mencegah munculnya bruntusan.

4. Menggunakan Produk Perawatan Rambut

Penyebab bruntusan di jidat lainnya adalah menggunakan produk perawatan rambut. Kandungan di dalam dry shampoo atau hair spray dapat memicu bruntusan di jidat.

Untuk amannya, pastikan Anda keramas sebelum tidur setelah menggunakan produk perawatan rambut tadi agar tidak terpapar ke rambut. Jika memiliki rambut panjang, Anda mengepang longgar rambut agar tidak mengenai wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News