HOME, Santai

Kurang Percaya Diri? Coba 4 Cara Untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri Ini Yuk!

Kurang Percaya Diri? Coba 4 Cara Untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri Ini Yuk!

MOMSMONEY.ID - Percaya diri merupakan sebuah kemampuan untuk mengontrol diri maupun situasi yang sedang terjadi. Rasa percaya diri adalah salah satu kunci yang mempengaruhi kesuksesan seseorang.

Beruntung ternyata ada beberapa tips dan cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini 3 Tipe Kepribadian Toxic yang Umum Ditemui!

Berhenti membandingkan diri

Cara utama dan yang paling penting untuk dilakukan agar bisa memiliki rasa percaya diri yang sehat adalah dengan berhenti membandingkan diri.

Melansir dari laman Very Well Mind, membuat perbandingan merupakan hal natural yang umum terjadi namun hal tersebut tidak akan membuat diri menjadi merasa percaya diri. Terlalu banyak melakukan perbandingan dengan orang lain akan membuat seseorang menjadi lemah dan kurang bersyukur dengan apa yang telah dimiliki dan bisa dimaksimalkan.

Merawat diri

Tips lain yang bisa membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan melakukan perawatan diri. Menjaga dan merawat diri adalah cara untuk menimbulkan rasa senang dan positif terhadap diri sendiri.

Dari mulai makanan, olahraga, meditasi, pola tidur, dan menikmati waktu adalah cara untuk merawat diri atau melakukan self care. Dengan memiliki pola self care yang tepat maka tubuh, pikiran, dan jiwa akan berada pada kondisi seimbang dan percaya diri bisa meningkat perlahan.

Baca Juga: Merasakan Gejala Anxiety? Coba Konsumsi 4 Jenis Vitamin Berikut Ini Saja!

Jangan pedulikan orang lain

Jika ingin meningkatkan rasa percaya diri, maka sebaiknya berhenti untuk memikirkan atau mempedulikan orang lain yang memberikan pengaruh atau tanggapan buruk dan tidak supportif terhadap hal yang dilakukan.

Laman Forbes menjelaskan bahwa penting untuk lebih percaya pada kemampuan diri sendiri dibanding dengan mendengarkan omongan orang lain ketika sedang diremehkan. Penting untuk memberikan rasa percaya pada kemampuan diri ketika banyak orang yang meremehkannya agar rasa percaya diri bisa meningkat.

Lakukan hal yang disukai

Tips selanjutnya untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan mulai melakukan hal-hal yang disukai. Orang-orang akan cenderung lebih tenang, rileks, dan percaya diri ketika melakukan hal-hal yang disukai.

Maka dari itu, ketika memiliki waktu luang cobalah untuk melakukan hal-hal yang disukai walaupun hanya sebentar. Hal tersebut nantinya akan memiliki pengaruh pada mood dan juga rasa percaya diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News