Santai

Kumpulan Cara Melacak Laptop Hilang Secara Cepat, Pantau Pakai Aplikasi Ini

Kumpulan Cara Melacak Laptop Hilang Secara Cepat, Pantau Pakai Aplikasi Ini

MOMSMONEY.ID - Cara melacak laptop hilang secara cepat dapat dilakukan dengan mudah. Untuk melacak laptop hilang secara cepat, Anda membutuhkan beberapa aplikasi. 

Beberapa aplikasi ini membantu Anda dalam melacak laptop hilang secara cepat. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara melacak laptop hilang secara cepat. 

Salah satu cara melacak laptop hilang secara cepat yaitu menggunakan Find My Device. Aplikasi ini menjadi fitur yang bisa membantu menemukan hp hilang. 

Namun, ada cara melacak laptop hilang secara cepat selain menggunakan aplikasi. Anda bisa melacak laptop hilang menggunakan email. 

Baca Juga: Tidak Ada Perangkat yang Aktif di Find My Device, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi

Berikut cara melacak laptop hilang secara cepat. 

1. Gunakan Find My Device 

Find My Device

Find My Device adalah fitur pelacakan laptop bawaan yang ditawarkan oleh Microsoft sejak 2015.

Fitur ini membantu Anda melacak perkiraan lokasi laptop Anda. Fitur ini dinonaktifkan secara default, jadi Anda harus mengaktifkannya.

Begini cara mengaktifkan Find My Device:

1. Tekan tombol Win + I bersamaan di PC Anda untuk membuka aplikasi Pengaturan.

2. Di jendela Pengaturan, klik opsi Privasi & Keamanan di sisi kiri panel.

3. Sekarang, arahkan ke sisi kanan dan di bawah bagian Keamanan, klik Temukan perangkat saya.

4. Di jendela berikutnya, di sisi kanan, buka Temukan perangkat saya dan gerakkan penggeser ke kanan untuk mengaktifkan fitur.

Berikut cara melacak laptop hilang menggunakan Find My Device:

1. Anda langsung dibawa ke halaman Perangkat di akun Microsoft Anda.

2. Selanjutnya, di bagian Temukan perangkat saya. Anda mungkin melihat petunjuk di pojok kanan atas peta jika lokasi di PC Anda tidak dihidupkan. Tekan Hidupkan untuk mengaktifkan lokasi perangkat.

Baca Juga: Cara Mengisi Baterai Laptop Tanpa Charger, Ikuti Tips dan Panduan Mudah Berikut

3. Saat Anda mengaktifkan lokasi, Windows mulai mencari perangkat Anda dan setelah selesai, ini menampilkan perkiraan lokasi terakhir berdasarkan kapan terakhir kali online.

4. Anda juga dapat mengklik tombol Kunci untuk mengamankan sistem dari jarak jauh.

Sekarang, Anda tidak hanya mengetahui perkiraan lokasi terakhir perangkat Anda yang hilang atau dicuri, tetapi Anda juga dapat mengunci perangkat demi keamanan.

2. Gunakan Gmail

Jika Anda memiliki akun Gmail, Anda dapat menggunakannya untuk melacak alamat IP laptop Anda. Berikut caranya:

1. Buka browser Anda dan masuk ke versi web akun Gmail Anda.

2. Di kotak surat, pastikan Anda berada di halaman Kotak Masuk. Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan di sisi kanan, di bawah Aktivitas akun terakhir, klik Detail.

3. Ini akan membuka jendela pop up informasi Aktivitas. Di sini, di bawah bagian Aktivitas terkini, buka kolom Jenis akses dan klik tautan Tampilkan perincian di sebelah perincian yang menurut Anda bisa menjadi laptop Anda yang hilang atau dicuri dan catat alamat IP-nya.

3. Menggunakan Dropbox 

Demikian pula, Anda juga dapat menggunakan akun Dropbox Anda untuk mengetahui alamat IPD yang dapat membantu menemukan laptop Anda yang hilang atau dicuri. Berikut caranya:

1. Luncurkan browser Anda dan kunjungi versi web Dropbox. Masuk dengan akun Anda.

2. Di beranda Dropbox, arahkan ke sisi kanan atas dan klik gambar Anda. Sekarang, pilih Pengaturan dari menu.

3. Sekarang Anda akan dibawa ke bagian Semua file. Di sini, di sisi kanan, di bawah bagian Akun pribadi, klik tab Keamanan.

4. Sekarang, buka bidang browser Web dan di bawah kolom Aktivitas terbaru, letakkan kursor Anda di "i" di sebelah sesi Saat Ini dan catat Alamat IP.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Laptop Terkena Air, Lakukan Pertolongan Pertama Berikut

Sekarang, serahkan alamat IP ini ke polisi dan mereka akan dapat melacak laptop Windows Anda yang dicuri atau hilang menggunakan informasi ini.

4. Menggunakan Facebook

Jika metode di atas gagal atau Anda tidak memiliki opsi untuk menggunakannya, Anda juga dapat menggunakan akun Facebook Anda di PC atau laptop lain untuk mendapatkan alamat IP Anda. Berikut caranya:

1. Buka browser Anda dan masuk ke akun Facebook Anda di web.

2. Sekarang, buka sisi kanan atas halaman beranda Facebook Anda dan klik panah bawah (Akun). Dalam daftar, klik Pengaturan & privasi. Setelah itu pilih Setting.

3. Selanjutnya, di halaman Pengaturan, klik opsi Keamanan dan login di sisi kiri panel.

4. Sekarang, pergi ke sisi kanan dan pergi ke bagian Tempat Anda Masuk. Arahkan kursor Anda ke nama kota di sebelah sesi terakhir dan catat Alamat IP-nya.

Sekarang, bagikan alamat IP dengan polisi setempat dan biarkan mereka mengetahui lokasi laptop tersebut.

5. Menggunakan software pelacak

Menginstal perangkat lunak pelacakan mungkin merupakan opsi yang mahal, tetapi itu adalah salah satu metode yang sangat mudah dibandingkan dengan metode manual di atas untuk melacak laptop Anda yang hilang atau dicuri.

Namun, perangkat lunak harus dilibatkan sebelum laptop Anda hilang.

Semua cara melacak lokasi laptop hilang secara cepat ini bisa Anda lakukan apabila mengalami hal serupa. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News