HOME, Keluarga

Kulkas Tidak Terasa Dingin? Hal-Hal Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

Kulkas Tidak Terasa Dingin? Hal-Hal Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Banyak orang yang kebingungan saat menghadapi kulkas yang tidak dingin karena tidak mengerti apa penyebabnya.

Padahal, jika ditelusur, terkadang kulkas tidak dingin karena hal-hal sepele, lo. Jika dibiarkan, kualitas makanan di dalam kulkas bisa rusak dan daya yang digunakan kulkas menjadi sia-sia.

Jika Anda sedang mengalami masalah kulkas yang tidak dingin, coba simak artikel ini. Dilansir dari The Spruce dan mrappliance.com, berikut beberapa hal sepele yang menyebabkan kulkas tidak dingin.

Baca Juga: Tips Membersihkan Gelas Kaca yang Pecah, Tak Perlu Khawatir Terluka!

Pengaturan suhu yang salah

Memeriksa pengaturan suhu dalam kulkas merupakan langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa penyebab kulkas tidak dingin.

Sebab, bisa saja pengaturan suhu di dalam kulkas tidak sengaja diganti tanpa sepengetahuan Anda dan menyebabkan suhu kulkas tidak sedingin biasanya.

Jika pengaturan suhu di dalam kulkas menjadi penyebab kulkas tidak dingin, Anda hanya tinggal mengembalikan suhu dalam kulkas seperti semula. Tunggu beberapa jam hingga suhu kulkas mendingin seperti biasa.

Pintu kulkas tidak tertutup rapat

Pintu kulkas dilengkapi dengan sistem penutup yang dapat memerangkap hawa dingin di dalam kulkas. Ketika pintu kulkas tidak tertutup rapat, maka udara dingin dalam kulkas bisa berhembus keluar dan menyebabkan isi kulkas tidak dingin.

Seringkali pintu kulkas tidak tertutup rapat karena penggunanya tidak sengaja meninggalkan kulkas dalam keadaan belum tertutup sempurna. Namun, lapisan karet penutup pada bagian dalam pintu kulkas yang kotor karena makanan dan sidik jari juga dapat menghalangi pintu kulkas untuk menutup dengan sempurna.

Solusinya, periksa lapisan karet tersebut untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel. Anda bisa menggunakan kain lap yang dibasahi untuk membersihkan lapisan tersebut.

Jika lapisan karet sudah dibersihkan dan kulkas masih belum menutup dengan sempurna, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Pahami Plus dan Minus Produk Pembersih Buatan Sendiri

Sirkulasi udara tertutup tumpukan makanan

Udara dingin dalam kulkas dialirkan lewat ventilasi udara yang berada di dinding dalam kulkas. Jika terblokir atau tertutup benda lain, sirkulasi udara dingin dalam kulkas bisa terhambat dan menyebabkan suhu dalam kulkas tidak dingin.

Untuk mengatasinya, periksa apakah ada makanan yang menumpuk di dalam kulkas. Biasanya, makanan yang diletakkan dalam wadah besar berpotensi menghalangi ventilasi udara dalam kulkas dan menutup akses udara dingin.

Jika ada makanan atau wadah yang menutupi ventilasi udara dalam kulkas, Anda hanya tinggal menggesernya ke area lain di kulkas supaya melegakan jalur udara dingin di kulkas.

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Baking Soda untuk Bersihkan Benda-Benda Ini!

Kondensor kulkas kotor

Terakhir, coba periksa apakah kondensor di bagian belakang kulkas kotor oleh debu atau kotoran lainnya. Kondensor merupakan alat pendingin kulkas yang terdiri dari kawat yang terjalin rapat, sehingga rentan tersumbat oleh debu dan kotoran. Kondensor yang kotor dapat mengurangi kinerja kulkas sehingga tidak menghasilkan udara dingin.

Solusinya, Anda bisa membersihkan kondensor sendiri. Cabut kabel kulkas dari stopkontak, kemudian lepaskan kondensor dari kulkas dan bersihkan dengan lembut menggunakan sikat. Jika sudah bersih, kembalikan kondensor ke tempat semula.

Gunakan buku manual kulkas Anda untuk membaca instruksi mengenai cara melepas dan memasang kondensor yang benar.

Nah, itu tadi hal-hal sepele, namun bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Maka dari itu, selalu cek peralatan elektronik Anda secara berkala untuk memastikan semua sistem di dalamnya berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News