Keluarga

Kulitmu Berminyak? Ini Lo 5 Bahan Aktif Skincare untuk Atasi Kulit Berminyak

Kulitmu Berminyak? Ini Lo 5 Bahan Aktif Skincare untuk Atasi Kulit Berminyak

MOMSMONEY.ID - Punya kulit wajah yang berminyak? Tenang, ada beberapa kandungan bahan aktif skincare yang bisa mengikis lapisan minyak berlebih pada wajah, sekaligus menghidrasi kulit, lo. Tak hanya itu, bahan aktif skincare ini juga dapat mencerahkan wajah hingga menghilangkan komedo.

Penasaran bahan aktif skincare apa saja yang ampuh untuk atasi kulit berminyak? Merangkum dari laman Senka.id dan Eva Mulia Clinic, berikut selengkapnya!

Vitamin C

Bahan aktif vitamin C tak hanya terkenal dapat mencerahkan wajah, tapi juga memiliki kandungan antioksidan, dapat melawan radikal bebas, serta meratakan warna kulit wajah.

Kandungan bahan aktif skincare yang satu ini sangat cocok dipakai bagi yang memiliki kulit berminyak dan dapat dipakai setiap pagi atau sore. Namun, hindari pemakaian bahan vitamin C yang dibarengi dengan niacinamide karena akan membuat kulit jadi super sensitif dan iritasi.

Baca Juga: Bikin Kembali Ceria, Ini 6 Minuman Mood Booster untuk Atasi Stres dan Perasaan Sedih

Niacinamide

Bahan aktif skincare yang cocok untuk kulit berminyak adalah niacinamide. Kandungan skincare yang satu ini biasa ditemukan dalam serum dengan fungsi mengecilkan pori sehingga sebum dalam wajah berkurang.

Niacinamide harus dipakai saat malam hari karena menimbulkan kulit yang lebih sensitif. Untuk itu, Anda harus rutin memakai tabir surya saat siang hari dan hindari pemakaian yang dibarengi dengan kandungan vitamin C.

Baca Juga: Ladies, Ini 6 Desain Nail Art yang Akan Populer Pada 2023

Salicylic Acid

Kulit Berminyak

Salicylic Acid adalah salah satu kandungan skincare yang merupakan bahan aktif yang baik untuk pemilik kulit berminyak.

Bahan aktif ini bersifat mengikis atau eksfoliasi dan memiliki tugas untuk meluruhkan komedo, mengangkat sel kulit mati, serta lapisan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori. Karena sifatnya mengikis, maka kandungan ini dapat mencerahkan wajah.

Jika Anda menggunakan bahan aktif ini, maka wajah harus selalu dilindungi oleh tabir surya karena salicylic acid dapat membuat wajah jadi lebih sensitif.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Makanan Korea yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan

AHA/BHA

Sama seperti sebelumnya, AHA/BHA juga merupakan bahan aktif skincare yang cocok untuk kulit berminyak karena sifatnya mengikis lapisan minyak. AHA/BHA juga berperan dalam proses regenerasi kulit sehingga mempercepat pertumbuhan sel kulit baru.

Meski mengeksfoliasi, namun AHA/BHA ini dapat mengurangi efek buruk dari sinar UV yang menyebabkan penuaan. Kombinasikan AHA/BHA ini dnegan pelembab agar kulit tidak kering.

Baca Juga: Waspadai Gempa di Cianjur & Jember, Ini 8 Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Hyaluronic acid

Kurangnya minyak alami pada wajah menimbulkan kulit jadi berminyak. Inilah sebabknya pemiliki kulit berminyak harus melembabkan kulit mereka dengan pelembab.

Kandungan skincare hyaluronic acid dapat menghidrasi kulit dan mengatasi kekeringan berlebih pada wajah yang menyebabkan keriput.

Bahan aktif hyaluronic acid tak hanya cocok untuk kulit berminyak saja, tapi juga untuk pemilik kulit berjerawat.

Jadi untuk Anda pemilik kulit berminyak, Anda bisa mengatasi kulit yang berminyak dengan menggunakan beberapa kandungan bahan aktif skincare di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News