Keluarga

Kulit Mengalami Purging Akibat Penggunaan Retinol? Ini 5 Cara Mengatasinya

Kulit Mengalami Purging Akibat Penggunaan Retinol? Ini 5 Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Secara teori, penggunaan retinol akan mempercepat pergantian sel kulit. Selama proses pergantian sel kulit tersebut, sel-sel baru yang sehat membutuhkan waktu untuk mencapai permukaan kulit.

Nah, ketika tampilan kulit yang baru mulai terbuka sebelum benar-benar siap, itu bisa menyebabkan kemerahan, perubahan warna, dan ketidaknyamanan atau yang biasa dikenal sebagai purging.

Meskipun tampak berbahaya, faktanya purging akibat penggunaan retinol merupakan hal yang normal.

Alih-alih panik, sebaiknya Anda menerapkan 5 cara yang dilansir dari Re’equil berikut ini untuk membantu mengatasi kulit yang mengalami purging akibat penggunaan retinol.

Baca Juga: Bisa Merusak Kulit, Jangan Gabungkan Retinol dengan 4 Bahan Skincare Ini!

1. Coba kompres dingin

Sama halnya dengan jenis luka bakar lainnya, kompres dingin juga bisa membantu menenangkan purging akibat penggunaan retinol. Cukup bungkus es batu ke dalam kantong kompres atau handuk yang bersih dan lembut kemudian oleskan ke area kulit yang mengalami purging selama 15 menit.

Ingat, kompres dingin hanya akan meredakan rasa sakit dalam jangka pendek dan tidak bisa mengatasi kemerahan atau pengelupasan. Selalu ingat juga untuk tidak mengoleskan es secara langsung ke kulit karena dapat meningkatkan risiko cedera kulit atau bahkan radang dingin.

2. Hentikan penggunaan retinol untuk sementara

Setelah melihat tanda-tanda purging pada kulit akibat retinol, hentikanlah penggunaan retinol untuk sementara dan jauhi produk skincare yang mengandung asam. Disarankan juga bagi Anda untuk tidak melakukan eksfoliasi selama kulit mengalami purging.

Plus, hindarilah produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang rentan mengiritasi kulit seperti alkohol, pewarna, dan pewangi.

3. Kembali ke basic skincare

Saat kulit mulai sembuh dari purging, waspadai produk skincare lainnya yang dapat memperburuk kondisi kulit Anda.

Selama 6 minggu, usahakan untuk hanya menggunakan produk pembersih yang lembut, pelembab khusus kulit sensitif, serta sunscreen. Hindari pula produk skincare yang cenderung keras termasuk face scrub dan produk apapun yang mengandung salicylic acid atau glycolic acid.

Baca Juga: Mau Kulit Glowing Secara Alami? Yuk, Bikin Masker Buah-buahan Ini!

4. Pakai pelembab khusus skin barrier

Menggunakan pelembab berbasis ceramide setiap hari dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak, meningkatkan hidrasi kulit, serta memperbaiki fungsi skin barrier. Itulah mengapa pelembab jenis ini sangat cocok untuk dipakai saat kulit mengalami purging akibat retinol.

Selain ceramide, pertimbangkan juga untuk menggunakan pelembab yang mengandung madecassoside karena bahan ini tergolong bagus untuk mengurangi peradangan.

5. Jangan lupa mengaplikasikan sunscreen

Retinol akan membuat kulit lebih sensitif terhadap cahaya matahari terutama saat awal penggunaan. Itu artinya, kulit Anda akan menjadi lebih mudah terbakar sinar matahari selama Anda menggunakan retinol.

Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari dan hindarilah paparan sinar matahari yang berlebihan selama masa pemulihan purging.

Pilihlah produk sunscreen yang bebas dari bahan berbahaya seperti PABA dan oxybenzone karena bahan-bahan tersebut dapat memperburuk kulit yang teriritasi. Sebisa mungkin, pilih juga produk sunscreen yang memiliki SPF 50 guna memaksimalkan perlindungan.

Moms, meskipun retinol dapat menyebabkan jerawat semakin parah, kulit mengelupas dan kering, serta iritasi dalam jangka pendek, namun efek tersebut hanya bersifat sementara. Ingatlah bahwa penggunaan retinol membutuhkan waktu untuk benar-benar terlihat hasilnya sehingga Anda tidak perlu menggunakannya secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News