HOME, Keluarga

Kulit Mata Anda Kering? Lembabkan Kembali dengan 5 Perawatan Rumahan Ini

Kulit Mata Anda Kering? Lembabkan Kembali dengan 5 Perawatan Rumahan Ini

MOMSMONEY.ID - Pekerjaan yang mengharuskan untuk menatap layar komputer selama berjam-jam dapat membuat kita lebih jarang berkedip. Alhasil, area mata termasuk kulit pun akan menjadi kering dan terasa tidak nyaman.

Selain itu, kulit mata yang kering juga bisa disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama di ruangan ber-AC. Keberadaan AC sendiri dapat membuat udara menjadi agak kering sehingga mudah menimbulkan rasa gatal dan kering pada mata Anda.

Jika saat ini kulit mata Anda terasa gatal dan kering, inilah 5 perawatan rumahan yang bisa Anda coba untuk mengembalikan kelembaban pada kulit mata yang kering sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana untuk Melindungi Kulit dari Paparan Radiasi Gadget

1. Timun

Saat mata Anda kering dan iritasi, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu mendinginkannya. Salah satu bahan yang bisa menyelamatkan kekeringan dan iritasi pada mata Anda adalah mentimun. Mentimun tidak hanya akan merangsang kelembaban tetapi juga meredakan mata yang lelah dan teriritasi.

Cukup potong mentimun sebanyak 2 irisan lalu dinginkan di dalam lemari es selama beberapa saat. Setelah terasa sejuk, letakkan masing-masing irisan mentimun di atas mata Anda yang tertutup dan biarkan selama sekitar 10 menit.

2. Teh

Sifat antioksidan dalam teh dapat membantu mengobati mata kering dan memberikan hidrasi pada mata Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengambil secangkir air panas dan rendam 3 buah teh celup ke dalamnya selama beberapa menit.

Setelah larut, masukkan 2 kapas ke dalam air teh dan biarkan meresap. Terakhir, letakkan kapas yang sudah dibasahi dengan larutan teh di atas kelopak mata Anda dan biarkan selama 5 menit. Dijamin, mata Anda akan terasa relaks kembali seperti biasanya.

3. Castor oil

Castor oil atau minyak jarak dikenal mampu memberikan kelembaban serta mencegah penguapan pada kulit. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika castor oil sangat tepat untuk Anda pilih guna membantu mengobati kekeringan pada area mata Anda.

Oleskan castor oil secukupnya pada bagian bawah mata Anda sebelum tidur dan biarkan meresap semalaman. Dengan cara ini, castor oil akan memperbaiki kerusakan sekaligus memberikan banyak kelembaban pada mata Anda keesokan paginya.

4. Kentang

Selain lezat untuk disantap, kentang juga memiliki kemampuan untuk mendinginkan mata serta membuat mata tetap terlumasi dengan baik.

Parut kentang dan letakkan parutan kentang tersebut ke area mata Anda yang kering. Diamkan selama sekitar 20 menit dan jus dari kentang akan membuat mata Anda terasa relaks dan terhidrasi.

5. Lavender oil

Lavender oil atau minyak lavender memiliki kekuatan untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit di sekitar mata Anda. Bahkan, lavender oil diketahui bisa menyembuhkan beberapa gangguan mata juga lho Moms.

Ambil semangkuk air hangat dan tambahkan sekitar 3 tetes lavender oil ke dalamnya. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan letakkan pada mata Anda yang tertutup. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan kembali kelembaban pada mata Anda yang kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News