Bugar

Kulit Lembab dan Lembut, Inilah 4 Manfaat Gula untuk Kulit Wajah

Kulit Lembab dan Lembut, Inilah 4 Manfaat Gula untuk Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Anda sering menemukan gula di menu masakan sehingga memberikan rasa manis saat dimakan. Tetapi pada perawatan kecantikan, gula digunakan sebagai scrub alami karena teksturnya yang sedikit kasar namun aman buat kulit.

Kandungan yang ada di dalam gula juga memberikan berbagai manfaat baik untuk kulit wajah. Lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat gula untuk kulit wajah dikutip dari laman cleanandclear.co.id, yaitu: 

1. Melembutkan Kulit

Manfaat pertama gula untuk kulit wajah adalah melembutkan kulit. Gula sering dijadikan sebagai scrub alami yag mampu merawat kulit wajah agar tetap lembut. Jika dicampurkan dengan minyak zaitun sebagai scrub, gula atau brown sugar (yang lebih lembut) efektif untuk menjaga kelembutan wajah.

Hal ini karena kandungan vitamin E dan asam lemak Omega-3 di dalam minyak zaitun. Selain itu, gula juga dapat membersihkan sel kulit mati dan kotoran di dalam lubang pori-pori, sehingga wajah terlihat lebih halus.

2. Melembabkan Wajah

Manfaat gula untuk kulit wajah selanjutnya, yaitu bisa melembabkan wajah. Gula yang memiliki unsur humectant mampu menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar, yang kemudian dapat diserap oleh kulit Anda.

Anda bisa memanfaatkan gula sebagai pelembab alami dengan membuat scrub dari gula yang dicampur dengan minyak zaitun, yang akan menjaga kulit wajah agar tetap lembap dan ternutrisi.

Caranya cukup mudah, setelah mengaduk rata campuran gula dan minyak zaitun, aplikasikan secara merata ke wajah Anda yang telah dibersihkan. Lalu, pijat dengan gerakan memutar secara perlahan. Setelah 60 detik, bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya lakukan treatment ini seminggu sekali.

Baca Juga: Promo Kartu Kredit TMRW, Diskon Hotel & Tiket Pesawat di PegiPegi Rp 350.000

3.  Mengelupas Sel Kulit Mati

Seperti yang dijelaskan, gula sering dijadikan sebagai scrub alami sehingga ampuh mengelupas sel kulit mati. Salah satu kandungan dalam gula yang bernama asam glikolat, sangat ampuh untuk bantu mengelupas atau memecah sel-sel kulit mati sebelum terlepas.

Dengan scrub gula buatan sendiri, Anda dapat membantu memulihkan jaringan kulit wajah dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Sehingga, gula dapat membantu kulit wajah terlihat lebih fresh karena sel kulit  terkelupas dengan efektif.

4. Mengontrol Minyak pada Wajah

Manfaat gula untuk kulit wajah lainnya adalah mengontrol minyak pada wajah. Ternyata gula bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan keseimbangan minyak pada kulit Anda. Gula mengandung dua komponen penting, yaitu asam glikolat dan asam alpha-hydroxy, yang membantu menjaga keseimbangan kadar minyak pada kulit. Jadi, wajah Anda tidak akan terlalu berminyak, juga nggak terlalu kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News