HOME, Bugar

Kulit Lembab dan Cerah, 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan

Kulit Lembab dan Cerah, 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Ternyata kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi, yang berfungsi untuk melawan radikal bebas, mengurangi keriput dan garis-garis halus serta membuat kulit kencang dan cerah.

Selain antioksidan, ekstrak kulit manggis juga mengandung hipoalergenik, anti-inflamasi, anti-bakteri, mangostin, fenolat, flavonoid, dan tanin yang bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat kesehatan kulit. 

Melansir dari penelitian ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) menyatakan bahwa meminum jus manggis dapat menyerap radikal bebas lebih banyak 20 kali daripada buah dan sayuran. Itulah alasan bahan dari kulit manggis sangat menarik digunakan dalam perawatan kecantikan.

Agar anda dapat memahami lebih jauh manfaat dari kulit manggis untuk kecantikan. Melansir dari laman realfood.co.id, berikut manfaat kulit manggis untuk kecantikan, yaitu:

1. Melembabkan Kulit

Manfaat kulit manggis untuk kecantikan pertama yaitu dapat melembabkan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kulit manggis dapat menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat dan kenyal. Selain itu, kulit manggis juga berfungsi untuk memperbaiki struktur sel kulit dan melindungi kulit dengan baik.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah mengatasi masalah jerawat. Ekstrak kulit manggis mengandung anti-mikroba yang bisa mengatasi bakteri-bakteri pemicu jerawat.

Dilansir dari stylecraze.com, mengoleskan ekstrak kulit manggis di wajah selama 12 minggu secara rutin, dapat mengurangi 67% masalah jerawat, iritasi kulit, hingga penyembuhan bekas luka. 

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Almond Oil untuk Kesehatan Rambut

3. Mencerahkan Kulit 

Kulit manggis juga dipercaya mampu mencerahkan kulit. Kulit cerah disebabkan oleh kandungan vitamin C yang terdapat di dalam manggis. 

Dalam 100 gram buah manggis, terdapat 9% kandungan vitamin C yang mencegah kerusakan sel kulit serta membantu mencerahkan kulit wajah. Dilansir dari Health Line, buah manggis kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan serat yang sangat bagus untuk kecantikan kulit. 

4. Memperlambat Penuaan

Manfaat kulit manggis untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat memperlambat penuaan dini. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi. 

Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dapat menghambat produksi kolagen. Hal ini dapat menyebabkan munculnya keriput, garis kerutan halus pada wajah sebagai tanda-tanda penuaan dini.

5. Mencegah Alergi Kulit

Manfaat kulit manggis untuk kecantikan lainnya yaitu mencegah alergi kulit. Pemilik kulit sensitif, dianjurkan untuk mengonsumsi ekstrak kulit manggis.

Biasanya, alergi yang muncul merupakan bentuk pertahanan kekebalan tubuh terhadap "zat asing" yang menempel  permukaan kulit. Sehingga, kandungan yang terdapat dalam kulit manggis dapat mencegahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News