CLOSE [X]
ads

Kucing Tidak Mau Makan, Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya

Sumber: Webmd
Jumat, 21 Januari 2022 | 14:41 WIB
Kucing Tidak Mau Makan, Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya

ILUSTRASI. Kucing Tidak Mau Makan, Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya


MOMSMONEY.ID - Sangat mengkhawatirkan ketika kucing Anda yang biasanya rakus makan dan selalu minta makan, tiba-tiba tidak mengacuhkannya sama sekali. Anda tak boleh meremehkannya. Jika Anda menganggap ini karena kucing Anda lagi-lagi bosan, sebaiknya Anda harus segera mengatasinya dengan memberikan penawaran yang lain. Namun, bila kucing masih menolak, Anda harus segera mencari tahu.

Ada beberapa faktor penyebab kucing tidak mau makan makan. Beberapa kasus, bisa jadi penyebabnya adalah masalah kesehatan kucing. Lebih lengkapnya, dilansir dari Webmd, berikut beberapa penyebab kucing tidak mau makan.

Baca Juga: Hati-Hati! Memakan Bawang Dapat Menyebabkan Keracunan untuk Kucing

Makanan Tidak Sesuai Selera Lagi

Jika Anda selalu memberikan makanan yang sama setiap hari selama bertahun-tahun, tanpa menyelinginya dengan bentuk atau rasa yang lain, kucing bisa jadi menjadi bosan. Hal ini biasanya terjadi secara alami berdasarkan preferensi kucing. Akan tetapi, terkadang juga bisa disebabkan oleh produsen makanan yang mengubah bahan makanannya. Maka, Anda perlu mencermati hal ini dan memberikan selingan makanan lain yang sama sehatnya untuk kucing Anda. Pemberian cemilan treats biasanya dapat mengatasi kebosanan kucing. Apalagi saat ini banyak varian rasa pada makanan kucing.

Sakit

Salah satu penyebab utama lain kucing tidak mau makan adalah kucing sedang sakit. Sejumlah kondisi berbeda dari kesehatannya akan menyebabkan kucing tidak mau makan, seperti infeksi, gagal ginjal, pankreatitis, masalah pencernaan, dan kanker. Penyebab karena sakit ini tak selalu serius, terkadang kucing juga dapat mengalami masalah mulut seperti sakit gigi yang membuatnya tak bisa makan.

Anda dapat melihat masalah mulut ini dari gejala-gejalanya, seperti gusi merah, gusi berdarah, bau mulut, karang gigi, dan gigi goyang. Sedangkan masalah penyakit yang lain yang menyebabkannya tidak mau makan biasanya akan disertai dengan gejalanya masing-masing. Bila kucing lebih banyak bersembunyi dan lemas saat masa-masa sulit ini terjadi, segera periksakan kondisinya ke dokter hewan.

Masalah Psikologis

Kucing tidak selalu sakit dari fisiknya, tetapi mereka bisa mengalami stres dan depresi. Kucing juga dapat mengalami kecemasan yang menyebabkan dia tak tenang dan kehilangan nafsu makan. Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah psikologis ini. Misalnya perubahan pemilik, perubahan tempat tinggal, kesepian, dan kehilangan teman sesama kucingnya. Dalam mengatasinya, Anda mula-mula perlu mengonsultasikannya kepada dokter hewan atau seseorang yang ahli dalam psikologi hewan. Selain itu, kucing memerlukan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dan terbiasa, sehingga Anda harus bersabar.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Muntah Busa Putih? Ini Penyebabnya

Vaksinasi Terbaru

Vaksinasi memiliki tujuan yang baik untuk kehidupan kucing yang lebih sehat dan menghindarkannya dari risiko penyakit berbahaya. Akan tetapi, vaksinasi biasanya memiliki beberapa efek samping pada beberapa kucing. Salah satunya yang paling umum adalah kehilangan selera makan. Ini tidak terjadi begitu lama. Hanya sementara saja karena kucing merasa tidak enak badan. Setelah obat vaksin bekerja dengan baik, kucing akan mulai lapar.

Perubahan Pola Makan dan Jenis Makanan

Kucing yang mengalami masalah kesehatan atau obesitas, biasanya memerlukan program sehat untuk mengaturnya. Artinya, kucing akan diubah pola makan dan jenis makanannya. Bukannya kucing akan sering lapar, perubahan ini malah akan membuatnya tidak mau makan. Alasannya karena kucing menganggap itu bukan makanannya.

Ini tentu bukan kabar yang baik, karena bila dibiarkan kucing akan mengalami kekurangan nutrisi alih-alih tubuhnya sehat.  Ingatlah bahwa kucing pada umumnya membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan makanan baru, sehingga Anda tak bisa terburu-buru menggantinya. Anda dapat memberikan makanan sehat dan makanan kesukaanya secara bergantian agar kucing tidak terkejut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru