HOME, Keluarga

Kucing Peliharaan Selalu Lapar dan Minta Makan, Apa Alasannya?

Kucing Peliharaan Selalu Lapar dan Minta Makan, Apa Alasannya?

MOMSMONEY.ID - Memiliki kucing peliharaan memang menyenangkan karena Anda bisa selalu terhibur dengan segala tingkah laku lucunya. Tak jarang, Anda akan dibuat gemas saat kucing meminta makan. Namun, pernahkah Anda merasa heran saat kucing meminta makan terus-menerus?

Kucing yang memiliki nafsu makan yang baik memang melegakan karena itu adalah tanda bahwa kucing Anda sehat. Akan tetapi, jangan anggap remeh saat kucing selalu terlihat lapar dan selalu meminta makan. Mungkin ini ada indikasi masalah kesehatan pada tubuh kucing.

Baca Juga: Kaya Akan Nutrisi, Amankah Kucing Makan Tempe?

Dilansir dari goldenmaze.net, lapar yang terus-menerus dapat mengindikasikan bahwa ada yang tidak wajar pada kesehatan kucing, misalnya gejala cacingan. Cacingan pada kucing akan mengganggu proses penyerapan nutrisi makanan. Sebab, nutrisi yang harusnya didapatkan kucing, diambil oleh cacing di dalam tubuhnya.

Inilah yang menyebabkan kucing menjadi lebih sering makan karena nutrisinya selalu belum tercukupi. Anda perlu melakukan pengobatan dan pencegahan lebih lanjut dengan obat-obat anti cacing.

Rasa lapar terus-menerus juga dapat diakibatkan oleh gejala diabetes mellitus. Kucing yang mengidap diabetes akan mengalami kelainan pankreas, sehingga tidak dapat memproduksi insulin secara normal. Padahal insulin ini digunakan untuk menghasilkan energi. Saat kucing kekurangan energi, dia akan merasa lapar dan ingin makan terus.

Selain itu, kelaparan kucing juga disebabkan oleh hipertiroidisme. Seorang asisten profesor klinis nutrisi dari Universitas Tennesse, Maryanne Murphy, menjelaskan penyebab hipertiroidisme yang dialami kucing. Hormon tiroid yang terlalu banyak dalam darah kucing akan menambah laju metabolisme. Ini menyebabkan nutrisi yang dikonsumsi kucing terbakar dengan cepat. Ini menyebabkan kucing menjadi mudah lapar.

Baca Juga: Perhatikan Nutrisi Tambahan yang Dibutuhkan Anak Kucing pada Makanannya

Selain fisik, alasan lainnya adalah adanya gangguan mental pada kucing. Kucing yang depresi karena kesepian atau merasa bosan, akan terus menerus mencari makan sebagai bentuk responnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus lebih sering mengajak kucing bermain keluar atau memberinya mainan baru agar tidak bosan.

Kendati demikian, Anda tak perlu langsung khawatir mengetahui kelaparan kucing disebabkan oleh penyakit. Ada kalanya kucing meminta makan lebih karena Anda kurang dalam memberikan porsi makannya, sehingga nutrisi hariannya belum terpenuhi. Ada kemungkinan juga kucing bosan dengan menu makanannya. Sesekali Anda dapat memberikan cemilan untuk selingan makanan utamanya.

Selanjutnya: Begini Cara Atasi Cacingan pada Kucing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News