HOME, Keluarga

Kucing Peliharaan Selalu Kelaparan? Waspadai Penyebabnya Berikut Ini

Kucing Peliharaan Selalu Kelaparan? Waspadai Penyebabnya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Kucing peliharaan yang menghampiri Anda untuk minta makan memang sangat menggemaskan. Anda mungkin tidak bisa menolak permintaannya. Akan tetapi, jangan anggap remeh saat kucing selalu terlihat lapar dan selalu meminta makan, meski sebelumnya dia sudah makan beberapa saat lalu. Mungkin saja ini adalah pertanda bahwa tubuhnya sedang bermasalah.

Dilansir dari Goldenmaze, lapar yang terus-menerus dapat mengindikasikan bahwa ada yang tidak wajar pada kesehatan kucing, misalnya gejala cacingan. Cacingan pada kucing akan mengganggu proses penyerapan nutrisi makanan. Sebab, nutrisi yang harusnya didapatkan kucing, diambil oleh cacing di dalam tubuhnya.

Baca Juga: Sebelum Memberi Makan Keju untuk Hamster, Ketahui Informasi Ini Dulu yuk!

Inilah yang menyebabkan kucing menjadi lebih sering makan karena nutrisinya selalu belum tercukupi. Anda perlu melakukan pengobatan dan pencegahan lebih lanjut dengan obat-obat anti cacing.

Rasa lapar terus-menerus juga dapat diakibatkan oleh gejala diabetes mellitus. Kucing yang mengidap diabetes akan mengalami kelainan pankreas, sehingga tidak dapat memproduksi insulin secara normal. Padahal insulin ini digunakan untuk menghasilkan energi. Saat kucing kekurangan energi, dia akan merasa lapar dan ingin makan terus.

Selain itu, kelaparan kucing juga disebabkan oleh hipertiroidisme. Seorang asisten profesor klinis nutrisi dari Universitas Tennesse, Maryanne Murphy, menjelaskan penyebab hipertiroidisme yang dialami kucing. Hormon tiroid yang terlalu banyak dalam darah kucing akan menambah laju metabolisme. Ini menyebabkan nutrisi yang dikonsumsi kucing terbakar dengan cepat. Ini menyebabkan kucing menjadi mudah lapar.

Baca Juga: Mendengarkan Musik Dapat Mengatasi Stres pada Hewan Peliharaan

Selain fisik, alasan lainnya adalah adanya gangguan mental pada kucing. Kucing yang depresi karena kesepian atau merasa bosan, akan terus menerus mencari makan sebagai bentuk responnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus lebih sering mengajak kucing bermain keluar atau memberinya mainan baru agar tidak bosan.

Kendati demikian, Anda tak perlu langsung khawatir mengetahui kelaparan kucing disebabkan oleh penyakit. Ada kalanya kucing meminta makan lebih karena Anda kurang dalam memberikan porsi makannya, sehingga nutrisi hariannya belum terpenuhi. Ada kemungkinan juga kucing bosan dengan menu makanannya. Sesekali Anda dapat memberikan cemilan untuk selingan makanan utamanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News