Keluarga

Kucing Peliharaan Anda Sedang Sakit? Kenali Tanda-Tandanya, Yuk!

Kucing Peliharaan Anda Sedang Sakit? Kenali Tanda-Tandanya, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Para pemilik kucing mungkin sudah paham bahwa hewan peliharaan mereka tersebut terkadang sulit dipahami. Sebab, kucing tidak bisa berkomunikasi dengan jelas layaknya manusia.

Bahkan, adakalanya si pemilik tidak sadar bahwa si kucing sedang sakit, ditambah kecenderungan si kucing untuk menyembunyikan rasa sakitnya dari manusia.

Namun, bukan berarti kucing yang sakit tidak bisa dideteksi sama sekali. Jika diperhatikan, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa si kucing sedang sakit.

Apa saja tanda yang dimaksud? Dirangkum dari laman Angel Animal Hospital, VCA Hospitals, dan Seven Hills Vet, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Populer di Kalangan Pecinta Kucing, Ini Fakta Kucing British Shorthair!

Perubahan kebiasaan makan dan minum

Perubahan kebiasaan makan dan minum umumnya merupakan tanda utama bahwa kucing peliharaan sedang sakit. Misalnya, kucing yang banyak minum kerap menandakan penyakit ginjal atau diabetes, dan kucing yang tidak mau makan bisa saja sedang sakit gigi, mual, atau masalah kesehatan lainnya.

Lebih banyak mengeong atau diam

Perhatikan kebiasaan kucing Anda dalam mengeong. Jika kucing yang pendiam tiba-tiba banyak mengeong dan cerewet (atau sebaliknya), hal tersebut bisa menandakan kucing Anda mengalami masalah kesehatan.

Muntah-muntah

Kucing terkadang memuntahkan makanan atau gumpalan rambut. Namun, jika kucing peliharaan mendadak sering muntah-muntah, ada kemungkinan si kucing sedang sakit. Muntahan yang berwarna jernih dan berbusa biasanya menandakan ada yang tidak beres dengan si kucing dan perlu penanganan dokter segera.

Bersembunyi

Umumnya, kucing yang sakit akan jauh lebih lemas sehingga mereka tidak banyak berinteraksi dengan sekitarnya. Alhasil, ada beberapa kucing yang memilih untuk menjauh dan bersembunyi. Jadi, jika kucing Anda tiba-tiba banyak menarik diri dan bersembunyi di suatu tempat, jangan abaikan karena bisa saja si kucing sedang sakit.

Baca Juga: 5 Fakta Kucing Sphynx, Salah Satu Ras Kucing Termahal!

Bau mulut

Jika mulut kucing Anda berbau tidak sedap dan cukup menyengat, ada kemungkinan si kucing sedang mengalami sakit gigi atau sakit mulut yang lainnya. Jangan dibiarkan, sebab penyakit mulut pada kucing bisa berakibat fatal pada organ lainnya, seperti jantung, ginjal, dan hati.

Berat badan berkurang

Kucing yang mengalami penurunan berat badan signifikan bisa menjadi pertanda masalah kesehatan tertentu pada si kucing, misalnya cacingan. Jadi, jika Anda memperhatikan ada penurunan berat badan pada kucing peliharaan, jangan ragu membawanya ke dokter untuk diperiksa.

Perubahan kebiasaan ke toilet

Kucing yang mendadak sering bolak-balik ke kotak pasir atau sering mengejan terlalu lama di kotak pasirnya, Anda patut waspada karena bisa menandakan penyakit tertentu, misalnya sakit ginjal. Selain itu, perhatikan seberapa banyak air seni atau kotoran yang keluar. Jika ada sesuatu yang tidak biasa (kotoran cair, banyak pipis, atau sedikit pipis), segera periksakan ke dokter hewan.

Itulah beberapa hal yang dapat menandakan si kucing sedang sakit. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News