KPR, Investasi dengan Berhutang yang Bisa Jadi Dana Pensiun

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Rabu, 04 Agustus 2021 | 08:52 WIB
KPR, Investasi dengan Berhutang yang Bisa Jadi Dana Pensiun

ILUSTRASI. Rumah bisa menjadi salah satu sumber dana pensiun. Walaupun membelinya dengan cara berhutang lewat KPR tetap bisa mendapat keuntungan ketika lunas cicilan. (KONTAN/Baihaki)

MOMSMONEY.ID -Moms, ada lo, investasi yang boleh berhutang, yaitu investasi properti khususnya rumah. Nah, berhutang rumah bisa menggunakan kredit pemilikan rumah (KPR). 

Risza Bambang, perencana keuangan Oneshildt bilang, bagi mereka yang berusia dibawah 35 tahun bisa membeli rumah secara KPR. Dengan catatan, cicilannya tidak lebih dari 30%-35% penghasilan. 

Setelah 20 tahun atau ketika pensiun rumahnya bisa dijual. Lantas, sebagian uangnya dibelikan rumah di pinggiran atau di kampung halaman. Sisanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun. 

Baca Juga: Tak cuma Karyawan Swasta, Pegawai Negeri Pun Wajib Punya Dana Lebih Untuk Pensiun

"Bisa jadi salah satu sumber dana pensiun kan. Apalagi anak muda zaman sekarang, daripada uangnya digunakan yang tidak baik lebih baik dipaksa untuk KPR," kata Risza. 

Risza yakin, bahwa harga jual rumah akan terus meningkat. Pasalnya, semua orang butuh rumah sementara tanah jumlahnya terbatas, sehingga kebutuhan lebih tinggi daripada suplai rumahnya. 

Selanjutnya: Harga Emas Antam di Pegadaian Masih Tertahan, Rabu (4/8)

 

 

Editor: Francisca bertha
Terbaru