HOME, Bugar

Kontrol Gula Darah, Penderita Diabetes Baiknya Kurangi Mengonsumsi Buah Ini

Kontrol Gula Darah, Penderita Diabetes Baiknya Kurangi Mengonsumsi Buah Ini

MOMSMONEY.ID - Bagi penderita diabetes, memilih asupan makanan dan minuman merupakan hal yang sangat penting. Soalnya, ada makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan ada pula yang sebaiknya dihindari. Hal itu penting untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kadar gula darah yang tinggi membuat pengidap diabetes (diabetesi) punya berbagai pantangan makanan. Buah disebut-sebut sebagai salah satu pantangan bagi penderita diabetes. Padahal, buah-buahan tetap mengandung nutrisi yang dibutuhkan para pengidap diabetes.

Buah-buahan memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi pengidap diabetes melitus. Namun, ada beberapa buah yang mengandung banyak gula sehingga konsumsinya perlu dibatasi oleh pengidap diabetes.

Baca Juga: Meskipun Pahit, Kandungan Nutrisi Pare Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Mayo Clinic dan Everyday Health, berikut ini berbagai buah yang menjadi pantangan penderita diabetes untuk dimakan secara berlebihan.

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Pada keadaan matang, pisang mengandung 23 g karbohidrat. Jika dimakan dalam porsi yang cukup, pisang aman untuk para diabetesi. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi pisang menjadi setengah potong saja setiap makan.

2. Nanas

Buah pantangan penderita diabetes untuk dimakan secara berlebihan lainnya adalah nanas. Ini karena nanas mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi, yaitu 10 g pada setiap porsinya (dari porsi 100 g). Oleh sebab itu, batasi konsumsi nanas Anda menjadi satu atau dua potong ukuran kecil saja satu kali makan.

3. Anggur

Buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes dalam jumlah banyak lainnya adalah anggur. Ini karena anggur mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi. Pada 100 g anggur, terdapat 18,1 g karbohidrat dan 15,5 g gula. Jadi, diabetesi disarankan untuk mengurangi konsumsi anggur agar gula darah Anda tidak melonjak.

4. Mangga

Anda yang mengidap diabetes jelas perlu mengurangi konsumsi buah satu ini. Nah, di dalam 100 g penyajian buah mangga, terdapat karbohidrat sebanyak 15 g dan gula sebanyak 13,7 g. Inilah alasan mengapa mangga menjadi salah satu pantangan buah untuk penderita diabetes.

5. Tin

Buah tin atau disebut juga dengan buah figs mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi. Dalam 100 g buah tin, terdapat 19,18 g karbohidrat dan 16,26 g gula. Artinya, buah tin menjadi salah satu pantangan penderita diabetes untuk dimakan dalam porsi yang banyak.

Baca Juga: Simak 5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

Apa pun tipe diabetesnya, orang dengan penyakit gula umumnya masih bisa mengonsumsi makanan dan minuman manis atau yang mengandung gula. Hanya saja, pilih jenis makanan yang tepat serta takar porsinya agar tidak berlebihan.

Jika Anda masih ragu akan memasukkan pantangan makanan dalam menu diet diabetes, konsultasikan pada dokter atau ahli gizi. Ingatlah bahwa prinsip pantangan untuk penyakit gula tidak hanya mengenai jenis makanan saja, tapi juga cara mengolah dan menyajikannya.

Selanjutnya: 5 Manfaat Buah Delima Merah untuk Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat dan Terawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News