Bugar

Konsumsi Secara Rutin, Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Otak

Konsumsi Secara Rutin, Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Otak

MOMSMONEY.ID - Makanan untuk menjaga kesehatan otak ada beragam jenisnya dan semua makanan ini bisa Anda konsumsi secara rutin.

Dengan menjalani pola makan dan gaya hidup sehat, gangguan kesehatan pada otak akibat pertambahan usia pun dapat dicegah dan menjaga kesehatan otak.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa makanan untuk menjaga kesehatan otak yang bisa Anda konsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: Kenali Penyebab Peredaran Darah Tidak Lancar pada Tubuh

1. Gandum utuh

Makanan untuk menjaga kesehatan otak yang pertama adalah gandum utuh. Otak tidak dapat bekerja tanpa energi.

Kemampuan untuk fokus berasal dari glukosa yang stabil dan mencukupi. Glukosa dapat diperoleh dari biji gandum utuh dengan kadar indeks glikemik rendah (Low GI).  

Karbohidrat kompleks dari gandum utuh akan dicerna dengan sangat lambat oleh tubuh, yang memungkinkan Anda untuk bisa tetap waspada dan fokus selama berjam-jam.  

2. Sayuran berdaun hijau gelap

Makanan untuk menjaga kesehatan otak yang kedua adalah sayuran berdaun hijau gelap seperti kale, bayam dan brokoli karena tinggi vitamin E dan folat. 

Tingkat homosistein yang tinggi dalam darah bisa memicu kematian sel saraf dalam otak, namun asam folat membantu memecah konsentrasi homosistein.

3. Alpukat

Makanan untuk menjaga kesehatan otak yang ketiga adalah alpukat. Makanan tinggi vitamin E ini mengurangi risiko terkena Alzheimer.   

Alpukat adalah buah yang tinggi lemak, namun kandungan lemaknya tak jenuh tunggal, yang berkontribusi terhadap sirkulasi darah sehat.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Cari Tahu Yuk

4. Blueberry 

Blueberry memberikan banyak manfaat kesehatan. Blueberry dan buah beri berwarna lainnya menghasilkan anthocyanin, senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan.  

Antioksidan bertindak melawan stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang dapat menyebabkan penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif.  

5. Ikan berlemak 

Ikan berlemak, seperti salmon, trout, dan sarden, merupakan sumber asam lemak omega-3. Sekitar 60 peren otak manusia terbuat dari lemak dan setengahnya adalah jenis omega-3.  

Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel-sel otak dan saraf. Lemak ini juga penting untuk pembelajaran dan memori.  

Itulah beberapa makanan untuk menjaga kesehatan otak yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News