Bugar

Konsumsi Secara Rutin, 5 Buah yang Baik untuk Penderita Penyakit Jantung

Konsumsi Secara Rutin, 5 Buah yang Baik untuk Penderita Penyakit Jantung

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa buah yang baik untuk penderita penyakit jantung dan bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Menurut data Kementerian Kesehatan, penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi kedua di Indonesia, sebanyak 12,9%. 

Itulah mengapa setiap orang wajib menjaga kesehatan jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti memperbanyak konsumsi sayur dan buah.  

Hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan atau buah yang bagus untuk jantung. Sejumlah buah ini memiliki kandungan yang bergizi untuk fungsi jantung yang lebih baik. 

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa buah yang baik untuk penderita penyakit jantung dan bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari, antara lain: 

Baca Juga: Jangan Malas Olahraga! Ini 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Tubuh

1. Strawberry

Buah yang baik untuk penderita penyakit jantung yang pertama adalah strawberry. Masih dalam keluarga buah beri, buah yang berwarna merah ini juga baik untuk kesehatan jantung. 

Melansir Cleveland Clinic, buah stroberi mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa mencegah pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh. 

Selain itu, senyawa ini juga mengurangi risiko stres oksidatifdan peradangan yang memicu penyakit jantung. 

2. Buah bit

Buah yang baik untuk penderita penyakit jantung yang kedua adalah buah bit. Umbi-umbian berwarna ungu ini memberikan manfaat dengan melepaskan senyawa bernama nitrit pada darah.

Manfaat buah yang bagus untuk jantung ini dapat memperbesar nadi dan memperlancar aliran darah. 

3. Jeruk

Buah yang baik untuk penderita penyakit jantung yang ketiga adalah jeruk, tentunya jika dikonsumsi secara rutin agar bisa merasakan khasiatnya.

Food & Nutrition Research menyebutkan, buah jeruk bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung. 

Rasanya yang manis dengan kandungan air yang tinggi, jeruk memiliki serat pektin untuk melawan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Baca Juga: Jangan Dikonsumsi! Ini 5 Makanan Pantangan untuk Penderita Nyeri Sendi

4. Alpukat

Buah yang baik untuk penderita penyakit jantung yang selanjutnya adalah alpukat. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang sehat untuk jantung. 

Adapun sejumlah penelitian telah mengaitkan ini dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. 

Untuk mendapatkan manfaat buah yang bagus untuk jantung ini perlu alpukat yang telah matang sempurna,

5. Anggur

Buah yang baik untuk penderita penyakit jantung yang terkhir adalah anggur. Anggur mengandung serat dan potasium, yang keduanya bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk meningkatkan asupan kalium dan mengurangi garamuntuk pola hidup yang sehat. 

Hal ini untuk meningkatkan tekanan darah dan menjaga kesehatan kardiovaskular. Itulah 5 jenis buah yang wajib Anda konsumsi untuk menjaga jantung Anda.

Selain makan buah-buahan, pastikan Anda juga rajin berolahraga dan menghindari rokok demi memiliki jantung yang sehat. 

Itulah beberapa buah yang baik untuk penderita penyakit jantung dan bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News