HOME, Bugar

Konsumsi Buah-buahan Ini untuk Membantu Menurunkan Hipertensi

Konsumsi Buah-buahan Ini untuk Membantu Menurunkan Hipertensi

MOMSMONEY.ID - Hipertensi adalah kondisi yang terjadi dalam jangka panjang. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan banyak komplikasi, mulai dari stroke hingga serangan jantungyang dapat mengancam nyawa.

Mengonsumsi makanan penurun darah tinggi sangat penting bagi penderita hipertensi, agar tekanan darahnya tetap stabil dan terhindar dari berbagai komplikasi. Apa saja makanan penurun darah tinggi ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Jamur juga Memiliki Manfaat yang Luar Biasa untuk Tubuh

1. Buah berry

Buah-buahan kelompok berry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi sehingga cocok untuk penderita hipertensi.

Anda bisa mengonsumsi satu cangkir bluberry setiap hari dan bisa menambahkannya pada yogurt atau sereal pagi Anda.

2. Buah bit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut datang dari penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal pada 2013.

Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa terjadi penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi jus bit, terutama pada partisipan pria.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan nitrat, yang ditemukan dalam buah bit, bisa menjadi sumber makanan penurun darah tinggi. Anda dapat mengonsumsi buah bit dengan cara dijus atau dimasak (dipanggang atau dikukus).

3. Pisang

Pisang adalah buah yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Selain murah, pisang juga bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi.

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi, sehingga makanan ini dinilai efektif sebagai penurun hipertensi. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yogurt.

4. Delima

Buah delima atau juga disebut pomegranate memiliki khasiat sebagai makanan penurun hipertensi.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Plant Foods for Human Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi jus buah delima lebih dari satu gelas setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Kandungan kalium dan polifenol dalam buah delima diyakini berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Kenali Penyakit Afasia dan Cara Pencegahannya

Dengan pola hidup sehat yang disertai konsumsi makanan penurun darah tinggi, diharapkan tekanan darah Anda bisa stabil dalam batas yang normal. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksa tekanan darah dan kondisi kesehatan Anda ke dokter guna mengantisipasi terjadinya komplikasi.

Selanjutnya: Anda Harus Tahu, Ini Dia Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News