HOME, Bugar

Konsumsi Belimbing untuk Mengobati Maag dan Bisa Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Belimbing untuk Mengobati Maag dan Bisa Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Belimbing (Averrhoa Carambola) adalah buah yang populer dengan rasa asam dan manisnya yang segar. Buah berwarna kuning ini juga terkenal dengan nama “star fruit” karena bentuknya yang menyerupai bintang ketika diiris.

Buah ini tak hanya lezat untuk dinikmati, tetapi kaya berbagai macam vitamin dan mineral. Bahkan, buah belimbing juga punya kandungan protein, lemak, dan karbohidrat.  

Dalam satu buah belimbing juga mengandung nutrisi 28 kalori dan 6 gram karbohidrat. Meskipun kandungan tersebut nampak rendah, tetapi jumlah kalori buah belimbing untuk pemenuhan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh berimbang.

Melihat kandungan nutrisi yang begitu banyak, belimbing juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut.  

Baca Juga: 5 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

1. Mencegah maag

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan maag, Anda bisa mencoba mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Sebuah penelitian dari Indonesian Journal of Global Health Research bahwa belimbing dapat mencegah luka pada lambung.  

Ini berkat manfaat dari kandungan antioksidan di dalam buah belimbing, terutama flavonoid dan antioksidan yang membantu memperkuat lapisan dalam lambung sehingga mencegah timbulnya luka pada lambung.  

2. Penyembuhan luka

Vitamin ini mendorong kemampuan tubuh dalam memperbaiki jaringan yang rusak hingga luka. Kolagen yang diproduksi dari vitamin C juga terlibat dalam pembentukan atau “perekat” struktur tulang, otot, urat, dan ligamen. Protein ini juga berperan dalam struktur kulit dan pembekuan darah.   

3. Penurun berat badan

Buah belimbing mengandung kalori yang dapat diabaikan oleh tubuh, sehingga tidak akan membuat berat badan bertambah. Tak hanya itu saja, kandungan serat ini juga membantu mempercepat metabolisme dan mendukung upaya kamu dalam penurunan berat badan.  

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Muntaber

4. Mengurangi risiko kanker

Khasiat lain yang bisa Anda peroleh dari buah belimbing adalah memperkecil peluang terkena kanker. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi dari jurnal Advances in Pharmacological Sciences. 

Berdasarkan hasil dari studi tersebut, buah belimbing menunjukkan efek profilaksis alias mampu mencegah perkembangan kanker hati.  

5. Baik untuk penderita diabetes

Serat tidak larut yang terdapat dalam buah ini dapat mencegah pelepasan glukosa setelah makan yang selanjutnya dapat membantu mengendalikan kadar insulin dalam tubuh. Hal ini menjadikannya sebagai camilan ideal bagi para penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko.  

Berikut adalah beberapa manfaat buah belimbing yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda perlu mengonsumsinya secara rutin agar bisa merasakan manfaatnya.

Selanjutnya: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News