HOME, Bugar

Konsumsi Bayam Merah untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Konsumsi Bayam Merah untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

MOMSMONEY.ID - Bayam merah masuk ke dalam kelompok Amaranthus tricolor dan memiliki nama latin Blitum rubrum. Sama halnya dengan bayam hijau, bayam ini juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang tak kalah baik.  

Faktanya, konsumsi bayam merah secara rutin dan teratur dapat membantu menyehatkan tubuh, bahkan menunjang tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, setiap orang orangtua disarankan untuk memberikan asupan bayam merah kepada si kecil secara rutin dan teratur. 

Selain itu, bayam merah memiliki kadar kalsium lebih tinggi ketimbang yang berwarna hijau. Bayam merah juga memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang sedikit lebih banyak daripada yang hijau. 

Beberapa manfaat bayam merah sudah terbukti oleh banyak penelitian. Namun, ada juga yang membutuhkan penelitian lanjutan guna memastikan manfaatnya.  Secara umum, berikut berbagai manfaat bayam merah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

Baca Juga: 5 Kandungan Nutrisi Ini Justru Harus Dihindari oleh Penderita Anemia

1. Menguatkan tulang dan gigi

Kandungan kalsium pada bayam merah dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Kalsium pada bayam merah bisa memadatkan tulang dan membuat gigi menjadi lebih kuat. 

2. Membantu gejala asma

Beta-karoten memiliki kegunaan dalam membantu mengatasi berbagai penyakit kronis. Manfaat bayam merah memiliki kandungan gizi yang baik serta kandungan beta-karoten tinggi yang dapat membantu mencegah timbulnya asma. 

3. Mengatasi disentri

Dalam penelitian berjudul Medicinal Importance of Unexploited Vegetable Under North Eastern Regions of India, bayam merah disebut mampu mengatasi penyakit disentri. 

Hal tersebut berkat serat larut dan antosianin yang ada di dalam bayam merah. Senyawa tersebut bisa ‘membersihkan’ saluran pencernaan, sekaligus membasmi bakteri penyebab disentri. 

Baca Juga: Rambut Rontok Berlebihan? Konsumsi 5 Makanan Ini

4. Sumber protein nabati

Protein memiliki fungsi memproduksi enzim dan hormon untuk menjaga fungsi sel dan organ tubuh. Selain itu, protein juga memiliki manfaat dalam menjaga otot, tulang, dan kulit.Untuk meningkatkan protein dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi bayam merah.  

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C pada bayam merah cukup tinggi. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, daya tahan tubuh si kecil akan lebih optimal sehingga terhindar dari risiko penyakit. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memasukkan bayam merah sebagai pilihan makanan sehat untuk moms konsumsi sehari-hari. 

Kendati memiliki banyak kandungan nutrisi tetap konsumsi bayam merah secara rutin dan sewajarnya agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Selanjutnya: 5 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News