HOME, Bugar

Konsumsi Air Putih yang Cukup, Inilah Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi Air Putih yang Cukup, Inilah Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Konsumsi air putih yang cukup memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tapi meskipun semua orang mengerti manfaatnya, tidak semua minum cukup setiap harinya. 

Banyak sekali yang masih belum mengonsumsi air putih secara teratur dan cukup. Kita cenderung tergoda dengan minuman manis yang kaya dengan gula, padahal itu tidak baik untuk kesehatan.  

Kita semua sudah tahu mengonsumsi air putih dalam sehari sekurang-kurangnya adalah 8-9 gelas. Anda perlu mengonsumsi air putih secara cukup agar bisa merasakan manfaatnya.

Baca Juga: 5 Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menjaga keseahtan ginjal. Jangan sampai karena kurang minum, akhirnya menimbulkan masalah serius pada kesehatan ginjal. 

Ginjal memegang peranan penting dalam tubuh untuk menyaring darah dan membuang zat-zat beracun dalam tubuh, dikutip dari Healthline.

Banyak minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal tetap berfungsi secara optimal dan meminimalisir resiko terkena batu ginjal. 

2. Menurunkan berat badan

Manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah menurunkan berat badan. Proses metabolisme yang baik adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh.

Untuk 1 gelas air putih yang diminum dapat membakar 7 kalori, maka bila minum 10 gelas air putih setiap hari dapat membakar 70 kalori.  

Berdasarkan penelitian Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum air putih secara teratur mampu membakar banyak kalori yang mengendap dalam tubuh. 

Bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang terbakar selama 1 minggu jika rutin minum air putih? Jadi tidak perlu diet ekstrim untuk mengurangi berat badan.

3. Menjaga tekanan darah

Manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah menjaga tekanan darah. Jika tubuh kekurangan cairan, maka dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi rendah.

Hal ini dapat membuat darah mengental dan mempengaruhi kesehatan. Sistem metabolisme tubuh yang baik akan membantu mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh melalui urin, tinja, dan juga keringat. 

Dengan minum air putih yang cukup, tekanan darah  menjadi rendah dan mencegah penyakit darah tinggi serta lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh. Ini Penjelasannya

4. Membantu melumasi sendi tubuh

Manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah membantu melumasi sendi tubuh. 

Dalam tubuh manusia terdapat tulang rawan yang sebagian besar terbuat dari air. Tulang inilah yang kemudian berfungsi sebagai bantalan untuk bagian persendian. 

Jika tubuh mendapatkan air putih yang cukup, air dalam tubuh bisa membantu melumasi sendi dalam tubuh sehingga tulang rawan dalam tubuh berfungsi dengan baik. 

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah menjaga kesehatan kulit. 

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tapi cairan yang dibutuhkan dapat membantu untuk melembabkan kulit, mengembalikan elastisitas kulit serta menjaga keseluruhan kesehatan kulit.  

Air putih lengkap juga membuat kulit lebih lembab dan cerah secara natural. Gak perlu skincare mahal untuk menjaga kesehatan kulit. Hanya perlu rutin minum air putih yang cukup untuk tubuh.  

Anda jangan sepelekan minum air putih yang cukup ya! Itu tadi 5 manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News