HOME, Bugar

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Sakit Gigi

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Sakit Gigi

MOMSMONEY.ID - Sakit gigi tentu sangat menyebalkan. Selain nyeri tak tertahankan, sakit gigi membuat kita harus membatasi konsumsi makanan tertentu yang menjadi favorit.  

Penyebab sakit gigi juga sangat bervariasi. Paling umum disebabkan oleh gigi abses, gigi patah, atau tambalan yang rusak. Selain itu, gerakan berulang, seperti mengunyah permen karet, kebiasaan menggemeretakkan gigi (bruxism) juga bisa mencetuskan keluhan tersebut. 

Penyebab lain sakit gigi adalah gusi yang terinfeksi, erupsi atau gigi keluar dari gusi, dan pencabutan gigi. Namun, ternyata ada makanan dan minuman yang justru membantu melawan gigi sakit gigi yang bisa dikonsumsi dan mudah ditemui. 

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Sakit Gigi yang Perlu Anda Waspadai

Berikut ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit gigi. 

1. Keju

Keju ternyata memiliki beberapa manfaat untuk memerangi sakit gigi. Mengonsumsi keju telah terbukti meningkatkan pH oral setelah makan. Ketika dipasangkan dengan kalsium yang ada dalam keju, kemungkinan remineralisasi gigi meningkat. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kalsium dalam mulut meningkat setelah makan keju. Ada bagian gigi yang terdiri dari kalsium, sehingga peningkatan kadar kalsium saliva membantu mengembalikan termineralisasi gigi dan mencegah gigi berlubang terjadi, dikutip dari Everyday Health.

2. Tahu

Jika Anda tak mengonsumsi daging atau protein nabati yang lunak seperti tahu tetap menjadi pilihan yang tepat saat gigi terasa sakit. Tak hanya lembut, tahu juga cukup mengenyangkan dan bernutrisi. 

3. Teh hijau

Dalam sejumlah penelitian, teh hijau tanpa pemanis atau krim, telah terbukti mampu membantu menangkal beberapa kerusakan yang dilakukan oleh makanan manis. 

Penelitian dari Kenyon College menunjukkan bahwa daun teh mengandung sifat-sifat tertentu yang membantu melawan gigi berlubang, yakni dengan mencegah pertumbuhan berlebih plak dan bakteri. 

Baca Juga: Mau coba diet ala DEBM? Begini panduannya

4. Pisang

Pada dasarnya, makanan untuk sakit gigi haruslah lunak dan lembut saat dikunyah. Untuk buah-buahan, Anda bisa menikmati buah dengan jenis yang lembut di mulut seperti semangka dan pisang. 

5. Telur 

Telur tetap bisa Anda konsumsi sebagai makanan untuk sakit gigi. Misalnya, Anda bisa mengolah telur menjadi telur ceplok, telur rebus, atau telur apung (poached egg). 

Pada dasarnya, makanan untuk sakit gigi haruslah lembut, empuk, dan lunak. Hindari makanan yang keras dan sulit dikunyah saat Anda sakit gigi. Anda juga perlu menahan selera dengan tidak mengonsumsi makanan pedas dan asin.

Selanjutnya: Manfaat Daun Sirih Ampuh Hilangkan Bau Mulut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News