HOME, Bugar

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mendapatkan Kolesterol Baik bagi Tubuh

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mendapatkan Kolesterol Baik bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kolesterol dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh. High-density lipoprotein (HDL) atau dikenal dengan kolesterol baik bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. 

Kadar kolesterol total terdiri dari HDL, LDL (Low-density lipoprotein), dan VLDL (Very-low-density lipoprotein). Batas kolesterol total pada umumnya 200 miligram per desiliter (mg/dL). Tergolong berisiko jika mencapai atau melebihi 240 mg/dL. HDL hanya mencakup 20 – 30% kolesterol total. 

Sementara itu, gabungan LDL dan VLDL yang tergolong dalam kolesterol jahat memiliki proporsi 70 – 80% dari kolesterol total. Pada laki-laki dan perempuan, terdapat perbedaan kadar HDL di mana perempuan pada umumnya memiliki kadar HDL lebih tinggi.

Peningkatan kadar kolesterol total pada umumnya disebabkan oleh peningkatan LDL dan penurunan HDL. Sehingga, kolesterol pada tubuh memiliki kepadatan atau densitas yang lebih rendah.

Baca Juga: Manfaat Memakan Serangga dan Beberapa Jenis Serangga yang Boleh Dikonsumsi

Setelah memahami karakter kolesterol di atas, simak berbagai sumber makanan yang akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan kolesterol baik di bawah ini.

1. Kedelai

Kedelai memang tidak memiliki kandungan spesifik untuk meningkatkan kadar HDL secara langsung, tapi tetap bisa menjadi alternatif yang baik untuk pengganti daging karena kaya akan protein nabati.

2. Telur 

Meskipun terkenal dengan reputasi tinggi kolesterol, telur memiliki lemak yang baik untuk membantu tubuh menghasilkan HDL.

Hal ini terbukti dalam suatu penelitian yang menunjukan satu telur per hari selama 12 minggu dapat meningkatkan kadar HDL sekitar 20 mg/dL. Telur pada dasarnya aman dikonsumsi tapi efek dari penelitian tersebut hanya diamati pada orang sehat.

3. Minyak zaitun 

Meskipun bukan sumber makanan yang dimakan langsung, penggunaan minyak zaitun dapat meningkatkan kadar HDL karena dapat mengandung lemak baik.

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menggoreng atau memasak dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk salad dan tambahan pada tumisan dan sup.

4. Ikan berlemak 

Ikan berlemak merupakan ikan laut yang memiliki tekstur daging yang padat dan kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon, makarel, tuna dan sarden.

Asam lemak omega-3 termasuk komponen yang sangat baik untuk menghasilkan LDL dengan konsumsi 2 ikan per minggu. Jika Anda memiliki alergi, suplemen omega-3 juga dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.

5. Kacang-kacangan

Seperti kacang tanah, kacang brazil dan kaang almond mengandung lemak dan serat yang baik dan bisa menjadi sumber makanan yang menghasilkan kolesterol baik HDL.

Kacang-kacangan pada umumnya juga mengandung sterol tumbuhan yang dapat membatasi penyerapan kolesterol berlebih. Kacang dapat dikonsumsi sebagai camilan namun perhatikan asupan kalori Anda.

 Baca Juga: Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita kolesterol, diharapkan kadar kolesterol Anda bisa turun dan tetap stabil sehingga Anda pun terhindar dari penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Selanjutnya: Menurunkan Kolesterol Dalam Darah dengan Konsumsi Temulawak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News