HOME, Bugar

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

MOMSMONEY.ID - Bibir kering dan pecah-pecah menjadi sebuah masalah kesehatan yang menyebalkan dan menyakitkan. Hal ini bahkan bisa membuat bibir berdarah dan bermasalah.  

Kondisi bibir pecah-pecah ini bisa membuatmu merasa perih dan bermasalah. Anda akan kesulitan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu karena masalah ini.  

Untuk mendapat efek jangka panjang, Anda bisa memperolehnya dari sejumlah makanan yang Anda konsumsi.  

Dilansir dari The Health Site, berikut deretan makanan yang bisa mengatasi bibir kering secara alami.  

Baca Juga: Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Kulit Vitiligo

1. Madu

Madu bisa menjadi pelembab bibir alami yang sangat ampuh. Selain itu, madu juga mengandung sifat antibakteri yang bisa mencegah infeksi pada luka akibat bibir pecah-pecah. 

Cukup dengan mengoleskan madu di permukaan bibir secara berkala, diamkan sejenak beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.  

2. Lidah buaya

Lidah buaya kerap digunakan sebagai campuran produk skincare atau perawatan kulit, terutama yang berbentuk gel dan lotion.

Hal ini karena kandungan vitamin kompleks dan mineral yang ada di dalamnya bisa melembabkan kulit.  

Selain itu, lidah buaya punya sifat antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan pada kulit. Untuk perawatan, cukup potong lidah buaya lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit dan bilas hingga bersih.  

3. Mentimun

Merawat bibir dengan mentimun setiap hari bisa jadi alternatif yang sederhana. Anda cuma perlu memotong tipis mentimun, lalu menempelkannya di bibir selama lima menit.

Selain mudah, murah, dan pastinya tak menyebabkan efek samping buruk kalau dilakukan tiap hari.  

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Menjadi Tirus Secara Alami

4. Tomat 

Sama seperti lemon, tomat juga punya kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk kelembaban kulit. Untuk treatment bibir kering, tinggal belah tomat menjadi dua, lalu kompreskan pada bibir selama 10 menit. 

Selain itu, tomat bisa juga dijadikan masker bibir dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan madu.   

5. Lemon

Lemon mengandung vitamin C dengan jumlah tinggi yang tidak hanya baik untuk daya tahan tubuh, tapi juga berguna untuk kecantikan.

Buah ini dapat berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan melembabkan bibir.  

Untuk perawatan luar, oleskan campuran lemon dan madu ke permukaan bibir, diamkan selama 5-10 mennit sebelum dibilas. Lakukan tiap hari untuk hasil maksimal hingga kulit bibir tak lagi kering.  

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa membantu mengembalikan bibir kering dan pecah-pecah secara alami. Perlu diingat, perawatan dari dalam tetap perlu dilakukan. Jangan lupa perbanyak minum air putih juga.

Selanjutnya: Luar Biasa! Inilah 5 Manfaat Buah Pepaya yang Perlu Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News