Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Mencegah Kanker Payudara

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 05 September 2021 | 09:05 WIB
Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Mencegah Kanker Payudara

MOMSMONEY.ID - Pola makan sehat perlu diterapkan untuk para perempuan guna menurunkan risiko kanker payudara. Selain itu, pola makan sehat juga diperlukan untuk membantu proses pemulihan selama pengobatan kanker payudara, maupun membantu mencegah risiko kembalinya sel kanker.   

Tak hanya memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, beberapa makanan sehat pun diyakini dapat membantu memperlambat perkembangan sel kanker. Makanan-makanan ini umumnya mengandung serat tinggi dan lemak jenuh yang rendah. 

Penelitian yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, menjalankan pola makan yang didominasi sayur dan buah bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 15 persen. Oleh karena itu, penderita kanker payudara dianjurkan mengonsumsi makanan tersebut minimal 5 porsi yang beragam setiap harinya. 

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang bisa rutin Anda konsumsi untuk membantu mencegah pertumbuhan sel kanker payudara pada perempuan. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Menderita Maag

1. Seledri, kemangi, dan ketumbar

Seledri, kemangi dan ketumbar mengandung apigenin, yaitu jenis antioksidan flavonoid yang diketahui memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan antikanker. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal HHS Public Access, apigenin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara HER2. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kesimpulan tersebut. 

2. Sayuran hijau

Makanan sehat yang baik untuk penderita kanker payudara yaitu sayuran hijau, seperti bayam, kale, lobak, atau selada. Jenis sayuran ini pun mengandung antioksidan dan serat yang tinggi. Adapun antioksidan membantu melawan efek radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel sehat dan memicu kanker. 

Dilansir dari Breastcancer.org, umumnya, buah dan sayuran berwarna gelap mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan buah atau sayur lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sayuran hijau yang berwarna lebih gelap agar mendapat manfaat tersebut lebih optimal. 

3. Makanan yang mengandung protein tanpa lemak

Melansir Livestrong, profesor di Arizona State University, Christy Alexon, PhD, RD,  mengatakan bahwa sumber protein tanpa lemak yang berasal ikan dan unggas juga penting untuk diet sehat pada pasien kanker payudara.  

Menurut Christy Alexon, ikan juga secara alami mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Senyawa tersebut penting untuk membantu menjaga massa otot, mendukung penyembuhan jaringan, dan mengatasi peradangan. 

4. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu sumber makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita kanker payudara karena kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Tak hanya itu, kedelai juga mengandung antioksidan yang dinamakan isoflavon. 

Sebuah penelitian pada 2017 menemukan fakta bahwa asupan isoflavon yang tinggi dikaitkan dengan penurunan angka kematian karena berbagai penyebab. Hal inilah yang membuat makanan kaya isoflavon direkomendasikan bagi penderita kanker payudara. Selain dari sumber hewani, Anda juga bisa mendapatkan asupan protein dari sumber nabati, seperti tahu, tempe, dan edamame.  

5. Lemak Sehat 

Lemak sehat atau tidak jenuh merupakan juga makanan untuk penderita kanker payudara. Asupan ini bisa menemukan pada beberapa jenis buah-buahan, seperti alpukat; dan makanan laut, seperti ikan. Asam lemak omega-3 yang berasal dari ikan bahkan dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara.  

Baca Juga: Jaga Kesehatan Otak dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Di samping mengonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan, pasien kanker payudara juga sebaiknya asupan berasa manis, khususnya yang mengandung gula buatan.  Tak hanya itu, pasien kanker payudara juga tetap wajib menjalani pengobatan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh dokter. 

Selanjutnya: 5 Makanan Sehat yang Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Editor: Helvana Yulian
Terbaru