Bugar

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Detoks Tubuh Secara Alami

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Detoks Tubuh Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Banyak orang mengonsumsi makanan tertentu yang bertujuan untuk detoksifikasi, karena ingin tubuh sehat, atau untuk tujuan penurunan berat badan.

Anggapan bahwa makanan tertentu bisa mendetoksifikasi atau membersihkan tubuh seringkali disalahpahami dan hal ini perlu diluruskan.

Sebenarnya, tidak ada makanan khusus untuk detoks tubuh. Namun, banyak makanan sehat yang bisa berkontribusi untuk kesehatan dan membantu proses detoksifikasi tubuh.

Baca Juga: Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula. Simak Penjelasannya!

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa makanan untuk detoks tubuh secara alami yang bisa Anda konsumsi setiap hari dan baik untuk kesehatan, antara lain: 

Matcha

Makanan untuk detoks tubuh secara alami yang pertama adalah matcha. Manfaat matcha salah satunya bisa membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Daun matcha mengandung senyawa epigallocatechin (EGCG) yang berperan mengubah lemak menjadi energi. Proses inilah yang akan membantu Anda mengendalikan berat badan.

Teh hijau

Makanan untuk detoks tubuh secara alami yang kedua adalah teh hijau. Teh hijau tidak kalah ampuh dalam mendetoks racun yang bersarang di dalam tubuh.

Antioksidan dan kafein dalam teh hijau, membuat minuman ini memiliki efek diuretik, yang akan membantu mempercepat pembentukan urine untuk membuang kotoran dalam tubuh.

Tomat

Makanan untuk detoks tubuh secara alami yang selanjutnya adalah tomat. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti tomat, dapat membantu proses detoksifikasi tubuh.

Cobalah untuk menambahkan tomat di tiap hidangan atau menu makanan sehari-hari Anda atau dikonsumsi sebagai jus tanpa gula atau camilan sehat.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Cara Efektif Mencegah Penyakit Malaria

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi. Selain itu, brokoli juga dapat membantu tubuh melepaskan zat beracun yang tidak dibutuhkan. 

Sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui manfaat brokoli tersebut. Selama ini, sayuran ini sering dijauhi dan cenderung tidak disukai, terutama oleh anak-anak.

Air lemon

Makanan untuk detoks tubuh secara alami yang terakhir adalah air lemon. Selain menyegarkan, air lemon juga termasuk salah satu makanan untuk membantu detoksifikasi tubuh.

Cobalah untuk membuat infused water dengan beberapa irisan lemon. Saat meminumnya, Anda akan memberi tubuh energi yang dibutuhkan untuk membersihkan diri dari racun.

Itulah beberapa makanan untuk detoks tubuh secara alami yang bisa membantu proses detoksifikasi tubuh. Jangan lupa juga untuk minum air yang cukup dan olahraga teratur.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News